SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pamer Hasil Buruan di Media Sosial, Pelaku Miliki Kelainan Jiwa?

Kamis, 22 Oktober 2015 10:09 by zia92 | 3397 hits
Pamer Hasil Buruan di Media Sosial, Pelaku Miliki Kelainan Jiwa?
Image source: dreamersrad

DREAMERSRADIO.COM - Dalam beberapa pekan terakhir ini, sejumlah kasus pemburuan satwa liar yang kemudian diunggah ke media sosial sedang ramai dibicarakan netizen. Mulai dari beruang madu, kucing hutan, sampai yang terbaru adalah kera, semua hewan itu tega dibunuh lalu dipamerkan ke sosial media.

Dan tak berhenti sampai pamer hasil buruan, pelaku juga bahkan tega menyantap hewan hasil tangkapannya dan terang-terangan mengakuinya. Mengingat semua hewan tersebut semestinya tak dikonsumsi, apakah perilaku ini memiliki hubungan dengan kondisi kejiwaan pelaku?

Menurut Teddy Hidayat, seorang psikiater di Rumah Sakit dr Hasan Sadikin, Bandung, para pelaku belum tentu sakit jiwa, melainkan punya kepribadian khusus. Dari narsis atau membanggakan diri hingga pembunuh berdarah dingin.

Teddy mengatakan para pelaku punya motif ingin mendapatkan pujian dari orang lain karena perbuatannya unik dan merasa hebat. "Orangnya narsis juga. Sebab, setelah melakukan itu, fotonya dikirim ke media sosial," ujar Teddy melansir laman Tempo.

Psikiater senior itu juga melihat sisi lain kepribadian pelaku, yakni pelanggar hukum, norma, atau adat, dan tidak peduli pada orang atau makhluk lain. "Mereka juga arogan, tidak punya rasa kasihan. Hati nuraninya tumpul dan pembunuh berdarah dingin," kata Teddy.

Selain harus berurusan dengan polisi, Teddy menyarankan agar pelaku menjalani konseling kejiwaan setelah motif pamer makan hewan itu diketahui. "Tujuannya agar mereka paham mana yang pantas atau tidak," tutur Teddy.

Mengingat usia para pelaku sudah dewasa sekitar 20-an tahun, Teddy mengatakan bahwa mungkin membutuhkan waktu yang lama. Perilakunya tidak bisa diubah seketika karena sepanjang hidupnya sudah terbentuk seperti itu.

(fzh)

  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)