SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Baru Berusia 15 Tahun, Gadis Ini Ciptakan Alat Jenius untuk Bantu Negara-negara Berkembang

Selasa, 20 Oktober 2015 17:44 by Dits | 2084 hits
Baru Berusia 15 Tahun, Gadis Ini Ciptakan Alat Jenius untuk Bantu Negara-negara Berkembang
image source: businessins

DREAMERSRADIO.COM - Seorang gadis bernama  Hannah Herbst baru – baru ini mengejutkan dunia dengan berhasil membuat sebuah temuan jenius. Gadis berusia 15 tahun yang berasal dari Boca Raton, Florida, Amerika Serikat itu merancang sebuah alat yang bisa membantu negara-negara berkembang.

Hannah yang menjadi pemenang dalam ajang desain Discovery Education 3M Young Scientist Challenge tahun ini  merancang alat yang bisa bermanfaat untuk menghasilkan listrik dan air segar dari arus laut untuk negara-negara berkembang.

Atas penemuan menakjubkan tersebut, Hannah berhak membawa pulang hadiah uang US$ 25.000 dan mendapat gelar "Ilmuwan Termuda Amerika" dalam kompetisi yang digelar di 3M Innovation Center di St. Paul, Minnesota.


image source: businessinsider.com

Diwartakan Business Insider, Hannah mengatakan penemuan alat tersebut terinspirasi oleh sahabat penanya yang berusia 9 tahun di Ethiopia, sahabatnya mengalami kesulitan dalam mengakses listrik. "Aku bahkan tidak bisa membayangkan sehari tanpa listrik," ujar Hannah.

Alat ciptaan Hannah terbuat dari bahan sederhana dan hanya menghabiskan biaya US$ 12 atau sekitar Rp 162.000. Rangkaian alatnya pun sederhana, terlihat seperti turbin mini yang bisa mengubah gerakan mekanis arus laut menjadi listrik. Dengan alat itu, Hannah mampu menyalakan satu rangkaian lampu LED.

Menurut perhitungannya jika desain alat dibuat dalam skala besar, maka bisa menghasilkan listrik yang cukup untuk mengisi tiga baterai mobil sekaligus dalam waktu kurang dari satu jam. Dan energi itu juga cukup untuk memompa air asin untuk proses desalinisasi sehingga menciptakan sumber air bersih untuk negara-negara berkembang.

Hannah mengungkapkan jika sebagian hadiah yang diterimanya akan ia sumbangkan ke temannya di Ethiopia dan untuk pembangunan gedung baru di sekolahnya. Sementara sisanya akan ditabung untuk pendidikannya. "Aku juga akan terus bekerja bersama mentor di 3M untuk menyempurnakan alat penghasil energi dari laut ini sebelum diterapkan di negara-negara berkembang," tuturnya.

Source:
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)