SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perusahaan Malaysia dan Cina Kembali Jadi Dalang Penyebab Asap

Selasa, 13 Oktober 2015 12:00 by zia92 | 1699 hits
Perusahaan Malaysia dan Cina Kembali Jadi Dalang Penyebab Asap
Image source: okezone.com

DREAMERSRADIO.COM - Kebakaran hutan dan lahan gambut di perkebuman sawit yang melanda beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan sudah terjadi selama bertahun-tahun, hingga bergenarasi sejak zaman pemerintahan Soeharto. Tapi tahun ini kabut asap yang terjadi termasuk yang paling parah.

Saking parahnya, kabut asap sampai ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura, bahkan mereka juga sempat mengeluhkan kondisi tersebut. Tapi tawaran bantuan untuk memadamkan titik api juga datang dari negara lain seperti Malaysia, Singapura, Rusia, Jepang, China, dan Thailand.

Pemerintah sudah menyatakan akan menindak tegas para pelaku, baik individu maupun perusahaan, yang terbukti membakar lahan. Singapura juga sudah mendesak pemerintah Indonesia untuk menindak para pelaku.

Sejumlah perusahaan sawit di Sumatera dan Kalimantan jadi biang kerok kebakaran lahan yang menimbulkan kabut asap. Perusahaan sawit itu ternyata ada juga yang dimiliki oleh asing, dalam hal ini negara Malaysia, Singapura, dan China.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

Bahkan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti mengatakan, perusahaan asing asal Malaysia, China, dan Singapura sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Perusahaan asing tersebut kini masih dalam penyelidikan polisi.

"Sampai dengan 12 Oktober 2015, korporasi yang dijadikan tersangka sudah 12 perusahaan. Dua perusahaan ini, satunya berasal dari Malaysia dan satu lagi dari China," kata Kapolri di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta pada Senin (11/10).

[pan]

Source:
Komentar
  • HOT !
     Gempa berkekuatan cukup besar menghebohkan Indonesia karena terasa di sepanjang daerah Selatan Pulau Jawa. Karena guncangan berpusat di dalam laut, masyarakat khawatir terjadi tsunami karena BMKG memang sempat mengeluarkan peringatan dini....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....
  • HOT !
    Gugatan praperadilan jilid II yang diajukan oleh Ketua DPR (non aktif) Setya Novanto terkait kasus korupsi megaproyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP) dinyatakan gugur oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keputusan tersebut disahkan oleh Hakim Kusno saat sidang digelar Kamis (14/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)