SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korban Bencana Kabut Asap Cuma Disantuni Pemerintah Rp. 15 Juta

Minggu, 11 Oktober 2015 15:22 by zia92 | 1696 hits
Korban Bencana Kabut Asap Cuma Disantuni Pemerintah Rp. 15 Juta
Image source: harianterbi

DREAMERSRADIO.COM - Menteri Sosial Khofifah Endarparawansa mengatakan pemerintah bakal memberikan bantuan santunan kematian (BSK) kepada korban meninggal akibat bencana asap. Dia mengatakan itu usai menyerahkan beras untuk keluarga sejahtera (rastra) di Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang.

"Kementerian sosial sudah koordinasi dengan Dinas Sosial supaya segera diajukan nama dan alamat korban, karena korban bencana seperti bencana asap ada BSK dengan indeks Rp 15 juta," kata Khofifah di Magelang, Sabtu (10/10).

"Bantuan santunan kematian (BSK) sama sekali bukan kompensasi, melainkan bantuan santunan dengan indeks Rp15 juta," sambungnya.

Ia mengatakan bahwa Kemensos menunggu masing-masing Dinsos untuk jemput bola. Pasalnya, jika ke sana pun, tidak dibenarkan memberikan santunan bentuk uang langsung.

"Yang kami lakukan adalah pembayaran dengan transfer. Semua harus ditransfer dengan nomor rekening dari keluarga korban. Hal itu sudah kami minta pada Dinsos masing-masing," kata dia seperti dilansir Antara.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

Ia menambahkan bahwa korban meninggal punya hak untuk mendapatkan BSK. Sekarang ini masih menunggu pendataan yang dilakukan Dinsos. Menyinggung tentang evakuasi dan penanganan para korban, dia mengatakan bahwa hal itu kewenangan Kementerian Kesehatan.

"Pada posisi seperti ini Kemensos akan bergerak sesuai dengan tugas dan fungsinya. Kalau BSK dan jaminan hidup, menjadi tanggung jawab Kemensos," tandasnya.

Seperti diketahui, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau kembali menelan korban. Belum sembuh seorang bayi 8 bulan bernama Cesya Ayu Jiwa dirawat di Rumah Sakit Eria Bunda Pekanbaru lantaran kena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), kini seorang Balita berusia 13 bulan terpaksa mendapat perawatan di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru, lantaran menderita radang paru-paru.

Bayi malang korban kabut asap itu bernama Gibran Doktora Deysra. Dia sebelumnya mendapat perawatan di RS Santa Maria jalan Ahmad Yani Pekanbaru dan terbaring lemas sejak Jumat (25/9) malam lalu.

[gil]

Source:
  • HOT !
    Perilaku mudik atau pulang kampung di Indonesia adalah hal yang sangat lumrah dilakukan ketika menuju Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Namun bukan hanya persiapan fisik, mental atau keperluan saja yang harus diperhatikan, informasi tentang akses dan jalur transportasi pun harus diketahui....
  • HOT !
    Presiden Donald Trump resmi mengeluarkan surat pembatalan pertemuan tingkat tinggi dengan Kim Jong Un, Pemimpin Tertinggi Korea Utara. Padahal sejatinya, pertemuan ini diharapkan masyarakat dunia soal perdamaian dan kepastian soal senjata nuklir yang belakangan sempat memanas....
  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)