home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Korban Bencana Kabut Asap Cuma Disantuni Pemerintah Rp. 15 Juta

Minggu, 11 Oktober 2015 15:22 by fzhchyn | 1806 hits
Korban Bencana Kabut Asap Cuma Disantuni Pemerintah Rp. 15 Juta
Image source: harianterbi

DREAMERSRADIO.COM - Menteri Sosial Khofifah Endarparawansa mengatakan pemerintah bakal memberikan bantuan santunan kematian (BSK) kepada korban meninggal akibat bencana asap. Dia mengatakan itu usai menyerahkan beras untuk keluarga sejahtera (rastra) di Kelurahan Kemirirejo, Kota Magelang.

"Kementerian sosial sudah koordinasi dengan Dinas Sosial supaya segera diajukan nama dan alamat korban, karena korban bencana seperti bencana asap ada BSK dengan indeks Rp 15 juta," kata Khofifah di Magelang, Sabtu (10/10).

"Bantuan santunan kematian (BSK) sama sekali bukan kompensasi, melainkan bantuan santunan dengan indeks Rp15 juta," sambungnya.

Ia mengatakan bahwa Kemensos menunggu masing-masing Dinsos untuk jemput bola. Pasalnya, jika ke sana pun, tidak dibenarkan memberikan santunan bentuk uang langsung.

"Yang kami lakukan adalah pembayaran dengan transfer. Semua harus ditransfer dengan nomor rekening dari keluarga korban. Hal itu sudah kami minta pada Dinsos masing-masing," kata dia seperti dilansir Antara.

Baca juga: Mirisnya Pemandangan Marina Bay Sands Terkena Kabut Asap Dari Indonesia, Apa Kabar F1 Singapura?

Ia menambahkan bahwa korban meninggal punya hak untuk mendapatkan BSK. Sekarang ini masih menunggu pendataan yang dilakukan Dinsos. Menyinggung tentang evakuasi dan penanganan para korban, dia mengatakan bahwa hal itu kewenangan Kementerian Kesehatan.

"Pada posisi seperti ini Kemensos akan bergerak sesuai dengan tugas dan fungsinya. Kalau BSK dan jaminan hidup, menjadi tanggung jawab Kemensos," tandasnya.

Seperti diketahui, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau kembali menelan korban. Belum sembuh seorang bayi 8 bulan bernama Cesya Ayu Jiwa dirawat di Rumah Sakit Eria Bunda Pekanbaru lantaran kena Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), kini seorang Balita berusia 13 bulan terpaksa mendapat perawatan di Rumah Sakit Santa Maria Pekanbaru, lantaran menderita radang paru-paru.

Bayi malang korban kabut asap itu bernama Gibran Doktora Deysra. Dia sebelumnya mendapat perawatan di RS Santa Maria jalan Ahmad Yani Pekanbaru dan terbaring lemas sejak Jumat (25/9) malam lalu.

[gil]

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)