SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Miliki Kesamaan dengan Korea, Suku Amerika Selatan Ini Akan Gunakan 'Hangul' Sebagai Sistem Penulisannya!

Jumat, 09 Oktober 2015 11:17 by zia92 | 2796 hits
Miliki Kesamaan dengan Korea, Suku Amerika Selatan Ini Akan Gunakan 'Hangul' Sebagai Sistem Penulisannya!
Image source: flickr.com

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah tim peneliti di Korea telah mengembangkan sebuah sisitem untuk menyalin bahasa lisan dari suku asli Amerika Selatan, Aymaran, menggunakan alfabet Korea “Hangul”, kata tim penelitian pada Kamis (08/10).

Tim yang dipimpin oleh Kwon Jae-il, seorang profesor linguistik dari Universitas Nasional Seoul, mengatakan bahwa mereka telah selesai melakukan pencocokan konsonan dan vokal Korea dengan suara bahasa lisan suku Aymaran pada bulan Agustus lalu.


Image source: sinogastronomie.com

Saat ini, suku tersebut menggunakan alfabet Spanyol dan sedang dipertimbangkan apakah akan beralih ke Hangul. Setidaknya butuh hampir tiga tahun bagi tim untuk mempelajari dan mengembangkan sistem tulisan, yang disponsori oleh Yayasan Riset Nasional Korea tersebut.

Menurut laporan Korea Times, suku Aymaran diperkirakan memiliki populasi tiga juta di Bolivia, Peru, dan Chile. Suku ini menjadi suku terbesar di Bolivia setelah Quechua. Presiden Bolivia sendiri berasal dari suku Aymaran.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka sudah memulai studi pada tahun 2012 setelah menemukan bahwa bahasa Aymaran dan Korea memiliki banyak kesamaan dalam hal urutan kata dan tata bahasa.

Baca juga: Pimpinan Perusahaan Korsel LG Dikabarkan dalam Kondisi Kritis di Rumah Sakit

Tim juga mengatakan bahwa mereka saat ini sedang bekerja pada sebuah metode input teks Aymaran-Korea untuk perangkat komputer dan mobile sehingga anggota suku dapat dengan nyaman menggunakan Hangul dalam kehidupan sehari-hari mereka.

“Kami berharap pengembangan sistem tulisan Korea untuk suku Aymaran akan memberikan kontribusi dalam penyebaran alfabet Korea, Hangul, dan budaya Korea ke seluruh dunia, serta menciptakan pasar baru dengan menggunakan kesamaan dalam bahasa,” kata Kwon.

Pada tahun 2010, suku minoritas di Indonesia, Cia-Cia di kota Bau-Bau, Pulau Buton di Sulawesi Tenggara juga menjadi berita utama di Korea Selatan karena mengadopsi alfabet Korea sebagai sistem tulisan resminya.

(fzh)

  • HOT !
    Ditengah teriknya matahari Minggu (20/05) ada kejadian tak terduga yang menimpa salah satu pengemudi mobil sport mewah ketika melewati jalan tol dalam kota, Slipi, Jakarta Barat. Mobil jenis Porsche berwarna kuning itu hangus terbakar....
  • HOT !
    Dalam sebuah pernikahan, hadiah biasa datang berlimpah untuk membahagiakan kedua mempelai. Namun tak jarang pula pejabat maupun orang penting dunia menolak hadiah pernikahan untuk mereka....
  • HOT !
    Nama Samadikun Hartono sedang jadi tren di pemberitaan dan sosial media bahkan di kalangan milenial yang mempertanyakan sosok yang mengembalikan uang tunai puluhan miliar rupiah itu kepada negara karena kasus korupsi....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)