home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mata Uang Rupiah siap Diredenominasi dari Rp. 1000 Jadi Rp. 1 ?

Rabu, 05 Desember 2012 09:00 by ningcil | 10013 hits
Mata Uang Rupiah siap Diredenominasi dari Rp. 1000 Jadi Rp. 1 ?
blog.slcollectors.com

Nilai mata uang rupiah Indonesia yang memiliki jumlah nominal yang besar memang terkadang menyulitkan kita untung melakukan transaksi. Oleh karena itu, Menteri Keuangan Agus Martowardjojo akan melakukan sosialisasi redenominasi mata uang, atau yang lebih jelasnya lagi yaitu pengurangan tiga nol dalam rupiah tanpa mengulangi nilainya. Hal ini rencananya akan disosialisasikan mulai Desember 2012 ini hingga Maret 2013 keseluruh pelosok Indonesia.

Seperti yang dilansir dari Detik, Menteri Keuangan Agus Martowardjojo mengatakan, “Kita akan konsultasi kepada publik antara Desember dan Maret dan selanjutnya kita akan memasukkan RUU Redenominasi mata uang ini bisa jadi RUU prioritas ke DPR.”

Menanggapi perubahan ini, Agus Marto ingin agar masyarakat Indonesia hingga daerah-daerah terpencil benar-benar bisa mengerti tentang pengertian dan manfaat dari redenominasi ini. Sosialisasi ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman jika redenominasi ini langsung berdampak pada pemotongan nilai mata uang.

Baca juga: akmu

Penyederhanaan rupiah ini jelas tidak akan mempengaruhi daya beli. Misalnya biasanya dengan uang Rp. 50.000,- bisa untuk membeli satu cangkir kopi, maka dengan adanya redenominasi ini harga satu cangkir kopi tersebut menjadi Rp. 50,- dan dana barangnya pun Rp. 50,-. Tidak banyak perubahan, kecuali pengurangan tiga nol dalam rupiah.

Menteri Keuangan berharap setelah masa sosialisasi ini, pembahasan RUU Redeminasi Mata Uang dapat dilakukan dalam dua masa sidang tahun depan. Pelaksanaan redenominasi rupiah ini merupakan kerjasama antara Kementrian Keuangan, Bank Indonesia, dan Kementrian Hukum dan HAM.

Jika rupiah jadi di redenominasi, efeknya bisa mempermudah transaksi pembayaran atau malah membuat orang bingung ya Dreamers. Bagaimana pendapatmu?

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)