SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mata Uang Rupiah siap Diredenominasi dari Rp. 1000 Jadi Rp. 1 ?

Rabu, 05 Desember 2012 09:00 by ningcil | 9494 hits
Mata Uang Rupiah siap Diredenominasi dari Rp. 1000 Jadi Rp. 1 ?
blog.slcollectors.com

Nilai mata uang rupiah Indonesia yang memiliki jumlah nominal yang besar memang terkadang menyulitkan kita untung melakukan transaksi. Oleh karena itu, Menteri Keuangan Agus Martowardjojo akan melakukan sosialisasi redenominasi mata uang, atau yang lebih jelasnya lagi yaitu pengurangan tiga nol dalam rupiah tanpa mengulangi nilainya. Hal ini rencananya akan disosialisasikan mulai Desember 2012 ini hingga Maret 2013 keseluruh pelosok Indonesia.

Seperti yang dilansir dari Detik, Menteri Keuangan Agus Martowardjojo mengatakan, “Kita akan konsultasi kepada publik antara Desember dan Maret dan selanjutnya kita akan memasukkan RUU Redenominasi mata uang ini bisa jadi RUU prioritas ke DPR.”

Menanggapi perubahan ini, Agus Marto ingin agar masyarakat Indonesia hingga daerah-daerah terpencil benar-benar bisa mengerti tentang pengertian dan manfaat dari redenominasi ini. Sosialisasi ini sangat penting agar tidak terjadi kesalahpahaman jika redenominasi ini langsung berdampak pada pemotongan nilai mata uang.

Baca juga: Taj Mahal Ternyata Punya Kembaran!

Penyederhanaan rupiah ini jelas tidak akan mempengaruhi daya beli. Misalnya biasanya dengan uang Rp. 50.000,- bisa untuk membeli satu cangkir kopi, maka dengan adanya redenominasi ini harga satu cangkir kopi tersebut menjadi Rp. 50,- dan dana barangnya pun Rp. 50,-. Tidak banyak perubahan, kecuali pengurangan tiga nol dalam rupiah.

Menteri Keuangan berharap setelah masa sosialisasi ini, pembahasan RUU Redeminasi Mata Uang dapat dilakukan dalam dua masa sidang tahun depan. Pelaksanaan redenominasi rupiah ini merupakan kerjasama antara Kementrian Keuangan, Bank Indonesia, dan Kementrian Hukum dan HAM.

Jika rupiah jadi di redenominasi, efeknya bisa mempermudah transaksi pembayaran atau malah membuat orang bingung ya Dreamers. Bagaimana pendapatmu?

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)