SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kualitas Udara Semakin Memburuk, Kota Pekanbaru Sudah Tak Layak Dihuni

Senin, 14 September 2015 23:00 by reinasoebisono | 9456 hits
Kualitas Udara Semakin Memburuk, Kota Pekanbaru Sudah Tak Layak Dihuni
Image source: Merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, mengatakan Kota Pekanbaru sudah tidak layak lagi dihuni oleh manusia. Sebab, akibat kabut asap dari kebakaran lahan dan hutan membuat Particulate Matter (PM10) melejit hingga angka 1.051,71, atau udara sudah dalam level sangat berbahaya.

"Sementara aturan Menteri Lingkungan hidup nomor 45, tentang ambang batas Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) PM10 hanya boleh 300-an. Kondisi kualitas udara saat ini sudah tidak layak dihuni lagi," kata Firdaus di Pekanbaru, seperti dilansir dari Antara, Senin (14/9).

Menurut Firdaus, memburuknya kualitas udara Pekanbaru ini sudah terjadi sepekan lalu. Keadaan ini menurut dia sudah dalam kondisi darurat. Sehingga dia merasa warganya mesti diungsikan, apalagi bagi penduduk mengidap penyakit khusus, balita, dan lansia.

"Bagi masyarakat yang mampu saya mendapat laporan, seperti perusahaan swasta besar, perbankan, warga asing di Chevron sudah melakukan evakuasi terhadap keluarga mereka," ujar Firdaus.

Baca juga: Taj Mahal Sampai 'Hilang', Selfie Kabut Asap Jadi Viral di India!

Sementara bagi masyarakat biasa, menurut Firdaus lebih memilih tinggal. "Lagipula jika hendak dievakuasi mau ditaruh kemana sebanyak ini warga Pekanbaru?" lanjut Firdaus.

Menurut analisa Firdaus, kecepatan penurunan kualitas udara di Pekanbaru saat ini mencapai peningkatan tiga kali lipat hanya dalam hitungan jam.

"Kemarin PM10 masih 300, jam 09.00 WIB sudah 1.000-an lebih," tambah Firdaus. Tindakan kini telah dilakukan menurut Firdaus adalah menyiagakan puskesmas, dan pelayanan masyarakat pada semua kecamatan.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)