home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

1.500 Fosil Spesies Baru Di Garis Keturunan Manusia Ditemukan!

Jumat, 11 September 2015 11:17 by reinasoebisono | 3056 hits
1.500 Fosil Spesies Baru Di Garis Keturunan Manusia Ditemukan!
Image source: Telegraph.c

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah penemuan baru yang memberikan titik terang tentang keragaman garis keturunan  manusia di masa lampau ditemukan. Kerangka yang ditemukan dan bernama Homo Naledi ini berjumlah 15.

Fosil tersebut ditemukan terkubur di sebuah gua yang cukup dalam bernama ‘Rising Star’ di Afrika Selatan. Manusia purba tersebut dilaporkan Telegraph memiliki tinggi rata-rata 1.5 meter dengan berat badan 45 kg.



Kerangka Homo naledi yang telah disusun (Telegraph, The Guardian)

Bentuk kerangkanya sudah mendekati manusia modern, namun otak mereka masih tergolong kecil, hanya sebesar buah jeruk. Bentuk pinggangnya mirip dengan leluhur sebelumnya, Hominid Lucy, tapi bahu mereka terbentuk kuat untuk memanjat.

Naledi sendiri bermakna “bintang” dalam bahasa lokal Sesotho, Afrika. Nama ini diambil dari lokasi ditemukannya fosil tersebut, gua Rising Star.


Bagan evolusi manusia (National Geographic)

“(Homo Naledi) adalah spesies yang tidak pernah kita duga memiliki perilaku kompleks. Kami menganggap mereka sebagai sedikit lebih baik dari hewan. Kami telah menyingkirkan dugaan kematian massal dan juga bencana.” ungkap Lee Berger, Profesor peneliti dari University of Witwatersand.


Fosil dan rekonstruksi Homo naledi (NY Times, National Geographic)

Lokasi ditemukannya fosil juga diberitakan New York Times bukan tempat tinggal mereka karena tidak ditemukan artefak lain untuk hidup. Sebanyak 1.550 elemen fosil diangkut dari dasar gua yang diteliti dan disusun hingga menghasilkan 15 kerangka. Mereka terdiri dari bayi, anak-anak, orang tua hingga lansia dan beberapa pecahan fosil.

“Dari tulang-tulang yang mewakili bagian tubuh yang ditemukan, Homo naledi sudah menjadi fosil yang paling terkenal dari garis keturunan kita (manusia)” lanjut Dr. Berger.

Pencarian yang dibiayai oleh National Geographic ini juga masih menyimpan misteri apakah Homo naledi merupakan campuran dari kera purba dan manusia modern. Namun peneliti optimis fosil ini memiliki ‘garansi’ untuk masuk dalam genus Homo.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Sejak awal bulan Mei, Korea Selatan menghadapi gelombang kedua pandemi corona yang kini menyebar di wilayah metropolitan Seoul. Per harinya ada lebih dari 40 kasus baru dilaporkan sehingga kini menembus angka 13,000 kasus....
  • HOT !
    Perguruan ninja rupanya benar benar ada pendidikan resminya. Kini, ada seorang pria bernama Genichi Mitsuhashi yang secara resmi menyandang gelar Master Ninja setelah menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Ninja di Mie University, Provinsi Iga, Jepang....
  • HOT !
    Presiden Jokowi kembali menggelar rapat terbatas atau ratas yang kali ini terkait 'Percepatan Penanganan Dampak Pandemi COVID 19' pagi ini. Dalam rapat itu Jokowi pun meminta adanya sebuah terobosan penanganan virus Corona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)