SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

1.500 Fosil Spesies Baru Di Garis Keturunan Manusia Ditemukan!

Jumat, 11 September 2015 11:17 by reinasoebisono | 2844 hits
1.500 Fosil Spesies Baru Di Garis Keturunan Manusia Ditemukan!
Image source: Telegraph.c

DREAMERSRADIO.COM - Sebuah penemuan baru yang memberikan titik terang tentang keragaman garis keturunan  manusia di masa lampau ditemukan. Kerangka yang ditemukan dan bernama Homo Naledi ini berjumlah 15.

Fosil tersebut ditemukan terkubur di sebuah gua yang cukup dalam bernama ‘Rising Star’ di Afrika Selatan. Manusia purba tersebut dilaporkan Telegraph memiliki tinggi rata-rata 1.5 meter dengan berat badan 45 kg.



Kerangka Homo naledi yang telah disusun (Telegraph, The Guardian)

Bentuk kerangkanya sudah mendekati manusia modern, namun otak mereka masih tergolong kecil, hanya sebesar buah jeruk. Bentuk pinggangnya mirip dengan leluhur sebelumnya, Hominid Lucy, tapi bahu mereka terbentuk kuat untuk memanjat.

Naledi sendiri bermakna “bintang” dalam bahasa lokal Sesotho, Afrika. Nama ini diambil dari lokasi ditemukannya fosil tersebut, gua Rising Star.


Bagan evolusi manusia (National Geographic)

“(Homo Naledi) adalah spesies yang tidak pernah kita duga memiliki perilaku kompleks. Kami menganggap mereka sebagai sedikit lebih baik dari hewan. Kami telah menyingkirkan dugaan kematian massal dan juga bencana.” ungkap Lee Berger, Profesor peneliti dari University of Witwatersand.


Fosil dan rekonstruksi Homo naledi (NY Times, National Geographic)

Lokasi ditemukannya fosil juga diberitakan New York Times bukan tempat tinggal mereka karena tidak ditemukan artefak lain untuk hidup. Sebanyak 1.550 elemen fosil diangkut dari dasar gua yang diteliti dan disusun hingga menghasilkan 15 kerangka. Mereka terdiri dari bayi, anak-anak, orang tua hingga lansia dan beberapa pecahan fosil.

“Dari tulang-tulang yang mewakili bagian tubuh yang ditemukan, Homo naledi sudah menjadi fosil yang paling terkenal dari garis keturunan kita (manusia)” lanjut Dr. Berger.

Pencarian yang dibiayai oleh National Geographic ini juga masih menyimpan misteri apakah Homo naledi merupakan campuran dari kera purba dan manusia modern. Namun peneliti optimis fosil ini memiliki ‘garansi’ untuk masuk dalam genus Homo.

(rei) 

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)