SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tupai ‘Vampir’ Peminum Darah Kijang Tertangkap Kamera Di Hutan Kalimantan!

Selasa, 08 September 2015 18:00 by reinasoebisono | 15705 hits
Tupai ‘Vampir’ Peminum Darah Kijang Tertangkap Kamera Di Hutan Kalimantan!
Image source: Merdeka.com

DREAMERSRADIO.COM - Kalimantan dan hutan hujannya menjadi surga bagi banyak makhluk hidup khas Indonesia, salah satunya adalah tupai peminum darah. Sangat jarang terlihat, ilmuwan akhirnya bisa merekam penampakan dari hewan yang mitosnya bisa membunuh rusa itu.

Lewat sebuah video yang diunggah di YouTube, Daily Mail menunjukkan aktivitas malam hari tupai 'vampir' (Rheithrosciurus macrotis) di Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan Barat. Video tersebut berhasil diperoleh tim ilmuwan dari Universitas Michigan dan Universitas Victoria.


Image source: Daily Mail

Dari 'mata' kamera inframerah yang dipasang di salah satu sudut taman nasional itu, terlihat bila tupai vampir nampak berbeda dari tupai kebanyakan, terutama dari bulu telinga yang panjang dan ekor besarnya.

Bahkan, ilmuwan mengatakan bila tupai vampir adalah salah satu mamalia dengan ekor berbulu terlebat. Ekor hewan pengerat ini memang 30 persen lebih besar dari tubuhnya. Sementara panjang total dari hewan ini adalah 36 sentimeter.

Menurut legenda masyarakat sekitar, tupai Rheithrosciurus terkenal agresif dan mampu membunuh rusa Muntjak atau yang kerap disebut kijang. Tupai vampir itu disebut biasa meloncat dari pohon ke leher kijang dan meminum darahnya, bahkan kadang merobek tenggorokan yang membuat si kijang terbunuh.


Lokasi terekamnya Tupai 'Vampir' (Daily Mail)

Di sisi lain, ilmuwan masih ragu bila tupai itu memang benar suka mengisap darah kijang. Sayangnya, mereka juga belum bisa mengungkap makanan asli tupai Rheithrosciurus karena penampakan tupai ini bisa dihitung dengan jari.

"Aku akan sangat terkejut bila tupai itu memang benar meminum darah. Menurut warga sekitar tupai ini galak, mungkin dari situlah legenda tupai vampir itu berasal," ujar Dr. Andrew Marshall, dari Universitas Michigan.

Menariknya, video yang didapatkan dari ilmuwan itu adalah video pertama tupai Rheithrosciurus, setelah sebelumnya fotonya baru berhasil didapat tahun lalu.

Source:
  • HOT !
    Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia di Bali sejak 8 14 Oktober 2018. Sempat dikritik menghamburkan uang negara,gelaran akbar ini justru diklaim mendapat respon positif dari negara negara asing. ...
  • HOT !
    Partai Gerindra resmi mempolisikan aktivis Ratna Sarumpaet akibat kasus hoax penganiayaan yang menimpa dirinya. Gerindra menyebutkan bahwa itu merupakan risiko dari tindakan Ratna....
  • HOT !
    Dikarenakan hoax yang dibuat oleh Ratna Sarumpaet, Partai Golkar menyebutkan bahwa Prabowo Subianto dan tim suksesnya sudah kehilangan kredibilitas. Golkar mengungkit latar belakang Prabowo di dunia militer mengenai sikap atas kasus Ratna....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : eyua
Cast : Park Chanyeol , Do Kyungsoo , Kim Jongin , Oh Sehun , Kim Junmyeon , Byun Baekhyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)