home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Indonesia Akan Punya Nomor Darurat ‘911’ Ala Amerika Serikat!

Senin, 17 Agustus 2015 18:45 by reinasoebisono | 3546 hits
Wow, Indonesia Akan Punya Nomor Darurat ‘911’ Ala Amerika Serikat!
Image source: Huffington

DREAMERSRADIO.COM - Nomor layanan darurat sedang disiapkan oleh Kemkominfo untuk masyarakat. Layanan darurat ini akan mirip seperti nomor telepon tunggal 911 yang terkenal di Amerika Serikat. Rencana ini sedang digarap oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika.

Direktur BPPPTI Wayan Toni Supriyanto mengatakan layanan ini akan rampung tahun ini. Sayangnya, kita tidak bisa menggunakan nomor tunggal 911 seperti AS karena nomor layanan berawalan “9” telah digunakan oleh Bakrie Telecom.

Nomor yang ditetapkan untuk layanan darurat ini adalah 112 dan akan diterapkan di 10 kota besar. Antara lain Denpasar, Surabaya, Lombok, Makassar, Depok, Bogor, Balikpapan, Tangerang Selatan dan Batam.

"Kalau lihat kebakaran, tindak kriminal, butuh ambulan, semua nanti bisa menghubungi 112. Dengan begini warga lebih mudah mengingat dan bisa dipakai untuk semua keadaan darurat," kata Wayan melalui laman CNN.

Namun layanan nomor tunggal lainnya seperti layanan ambulans, pemadam kebakaran tidak akan dihilangkan atau dimatikan karena masyarakat sudah terbiasa dengan nomor tersebut. Wayan menghimbau jajaran layanan darurat dan masyarakat mendukung jasa panggilan ini.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)