SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inovasi Anak Bangsa, Fenomena Ojek Online Rambah Sistem Syar’i

Senin, 10 Agustus 2015 12:14 by reinasoebisono | 10130 hits
Inovasi Anak Bangsa, Fenomena Ojek Online Rambah Sistem Syar’i
Image Source: Republika

DREAMERSRADIO.COM - Fenomena jasa transportasi online yang berkesan ‘menjemput’ bola daripada di pangkalan seperti Go-Jek, Grab Bike dan Uber mulai memberikan inspirasi bagi anak-anak muda lainnya. Kali ini inovasi ojek sistem online muncul dari kota Surabaya.

Juga karena Indonesia mayoritas Islam yang banyak memegang teguh ajaran syariahnya, banyak wanita yang merasa sulit dan keberatan jika berkendara dengan laki-laki yang bukan muhrimnya, menjadi halangan untuk bepergian dengan transportasi umum.

Karena itu, mahasiswi asal Surabaya yang baru berusia 19 tahun, Evilita Adriani membuat layanan transportasi khususnya ojek online yang semua pengemudinya adalah wanita dan hanya menerima penumpang wanita.


Evilita, pendiri Ojek Syar'i Surabaya (CNN)

"Di era yang serba ada ini, kenapa masih belum ada yang memberi pemecahan terhadap hal itu. Lalu juga maraknya pelecahan seksual dalam transportasi umum. Kami ingin menjadi pelopor transportasi yang privat untuk wanita.  Wanita itu perlu perlakuan khusus." Kata Evilita.

Melansir CNN, walaupun belum memiliki aplikasi sendiri untuk memesan ojek seperti yang lain, Ojek Syar’i sudah bisa menjaring 30 orderan perharinya. Ojek Syar’i ini bisa dipesan melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp, Line dan BBM ataupun via Twitter.

Baca juga: Mantan Pesepakbola Nasional Anang Ma'ruf Jadi Pengemudi Go-Jek

Selain Surabaya, usaha yang telah diresmikan pada Maret 2015 ini sudah merambah ke kota Sidoarjo serta Malang. Dan dalam waktu dekat akan segera launching di ibukota Jakarta. Inovasi ini dinilai mengangkat kepedulian dan memberikan rasa nyaman berkendara umum untuk para perempuan.

(rei)

 

 

Komentar
  • HOT !
    Masyarakat menyoroti keputusan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk tidak lagi membuka akses warga melihat proses rapat Pemprov DKI. Karena Anies Sandi tidak mengunggah video semacam itu di channel Youtube lagi....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Kabar mengejutkan datang dari Fredrich Yunadi yang tak lain adalah pengacara tersangka kasus megakorupsi pengadaan e KTP, Setya Novanto. Fredrich yang dari awal setia mendampingi Novanto dalam proses penyidikan KPK tiba tiba saja memutuskan untuk mengundurkan diri sebagai pengacara Ketua DPR tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)