home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Hasilkan Riba, MUI Haramkan BPJS

Kamis, 30 Juli 2015 15:32 by reinasoebisono | 1600 hits
Dianggap Hasilkan Riba, MUI Haramkan BPJS
Image source: Tempo

DREAMERSRADIO.COM - Sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS dikenai fatwa haram oleh Majelis Ulama Indonesia karena dianggap tidak sesuai fiqih Islam. Namun apa penjelasan sebenarnya hingga layanan masyarakat ini diharamkan?

"MUI berkesimpulan BPJS saat ini tak sesuai syariah karena diduga kuat mengandung gharar atau ketidakjelasan akad, yang memicu potensi mayesir, dan melahirkan riba," kata Wakil Ketua Dewan Pengurus Harian Dewan Syariah Nasional MUI Jaih Mubarok.

Dari aspek dalil, MUI menilai harusnya jaminan sosial memiliki asas tolong menolong, individunya saling menjamin satu sama lain. BPJS khususnya BPJS Kesehatan dianggap tidak jelas iuran yang diambil dari masyarakat untuk apa.

Baca juga: Apa Kabar BPJS? Menkeu Sri Mulyani Minta Ikut Jamin Pasien Virus Corona Nih

Selain itu bahasa hukumnya tidak jelas, serta tidak diketahui apakah hal itu termasuk hibah atau tidak. Karena dalam prinsip syariah harus diatur bagaimana kejelasan bentuk dan jumlah iuran. Terlebih setelah disetorkan, uang tersebut milik negara, BPJS atau peserta?

Berbagai pertimbangan itulah yang membuat MUI mengeluarkan fatwa haram melalui ijtima’ atau keputusan bersama. Namun MUI mengatakan akan ikut membantu BPJS Kesehatan beserta produknya agar sesuai syariah.

(rei/Berbagai Sumber)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)