SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Hasilkan Riba, MUI Haramkan BPJS

Kamis, 30 Juli 2015 15:32 by reinasoebisono | 1452 hits
Dianggap Hasilkan Riba, MUI Haramkan BPJS
Image source: Tempo

DREAMERSRADIO.COM - Sistem Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS dikenai fatwa haram oleh Majelis Ulama Indonesia karena dianggap tidak sesuai fiqih Islam. Namun apa penjelasan sebenarnya hingga layanan masyarakat ini diharamkan?

"MUI berkesimpulan BPJS saat ini tak sesuai syariah karena diduga kuat mengandung gharar atau ketidakjelasan akad, yang memicu potensi mayesir, dan melahirkan riba," kata Wakil Ketua Dewan Pengurus Harian Dewan Syariah Nasional MUI Jaih Mubarok.

Dari aspek dalil, MUI menilai harusnya jaminan sosial memiliki asas tolong menolong, individunya saling menjamin satu sama lain. BPJS khususnya BPJS Kesehatan dianggap tidak jelas iuran yang diambil dari masyarakat untuk apa.

Baca juga: Gubernur Ahok Ancam Rumah Sakit yang Menolak Pasien Peserta BPJS

Selain itu bahasa hukumnya tidak jelas, serta tidak diketahui apakah hal itu termasuk hibah atau tidak. Karena dalam prinsip syariah harus diatur bagaimana kejelasan bentuk dan jumlah iuran. Terlebih setelah disetorkan, uang tersebut milik negara, BPJS atau peserta?

Berbagai pertimbangan itulah yang membuat MUI mengeluarkan fatwa haram melalui ijtima’ atau keputusan bersama. Namun MUI mengatakan akan ikut membantu BPJS Kesehatan beserta produknya agar sesuai syariah.

(rei/Berbagai Sumber)

Komentar
  • HOT !
    Berbagai peristiwa datang silih berganti. Banyak kabar mengejutkan sekaligus membahagiakan yang mengisi hari hari di minggu kedua bulan Desember tahun 2017 ini. Mulai dari ranah berita lokal internasional hingga seleb Korea....
  • HOT !
    Artis Dewi Persik dipertemukan dengan anggota polisi yang disebutnya mengawal ketika berusaha menerobos jalur busway yang viral di pemberitaan dan media sosial. Namun ada perbedaan pendapat dan hal ini disebutkan oleh Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra....
  • HOT !
    Komisi Komunikasi Korea Selatan pada hari Rabu mengumumkan adanya serangkaian kebijakan baru untuk mengekang membludak nya konten tak pantas di situs microblogging milik Amerika, Tumblr. Negeri Gingseng itu akan memastikan penerapannya dapat diterapkan ke perusahan Korea dan asing yang berbasis internet....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)