SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Memiliki Ukuran 30 Kali Lapangan Sepakbola, Cina Akan Bangun Teleskop Terbesar

Senin, 27 Juli 2015 20:00 by zia92 | 2310 hits
Memiliki Ukuran 30 Kali Lapangan Sepakbola, Cina Akan Bangun Teleskop Terbesar
Image source: sputniknews

DREAMERSRADIO.COM - Memiliki ambisi yang kuat akan luar angkasa, Cina digadang-gadang akan memiliki teleskop radio terbesar di dunia. Media pemerintah Cina melaporkan bahwa teleskop raksasa ini akan memiliki ukuran 30 kali lapangan sepakbola saat selesai nanti.

Teleskop dengan nama Aperture Bulat Radio Telescope (FAST) ini dibangun di sebuah lembah berbentuk mangkuk antara bukit-bukit di provinsi barat daya Guizhou. Para teknisi mulai memasang 4450 panel berbentuk segitiga untuk reflektor teleskop pada Kamis (23/07) lalu, kantor berita resmi Xinhua melaporkan seperti dikutip Yahoo News.

FAST akan menjadi teleskop terbuka terbesar di dunia, mengalahkan Arecibo Observatory di wilayah Puerto Rico Amerika Serikat dengan ukuran diameter 305 meter  (1000 kaki).

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan Cina telah mengandalkan data “bekas” yang dikumpulkan oleh orang lain dalam penelitian mereka. Dan teleskop baru ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan negara dalam mengamati luar angkasa.

“Memiliki teleskop yang lebih sensitif, kita dapat menerima pesan radio lemah dan lebih jauh,” kata Wu Xiangping, direktur jenderal Astronomical Society Cina. “Ini akan membantu kita untuk mencari kehidupan cerdas di luar galaksi dan mengeksplorasi asal-usul alam semesta,” lanjutnya.

Teleskop ini akan memiliki perimeter sekitar 1,6 kilometer dan dalam radius lima kilometer, tidak akan ada kota atau pemukiman penduduk, sehingga memberikan lingkungan yang ideal untuk mendengarkan sinyal dari luar angkasa.

Penbangunan teleskop yang sudah dimulai pada Maret 2011 lalu ini dijadwalkan akan selesai tahun depan.

(fzh)

  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Aksi serangan teror bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo, serta serangan di Mapolda Riau berimbas pada stigma pemakai atribut religius, seperti cadar atau pun celana menggantung atau cingkrang....
  • HOT !
    Bandara Internasional Changi di Singapura terkenal dengan fasilitas mewah, lengkap dan tentu pelayanan memuaskan. Salah satu pelayanan yang paling diidamkan dari sebuah bandara adalah ketepatan waktu....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)