SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Memiliki Ukuran 30 Kali Lapangan Sepakbola, Cina Akan Bangun Teleskop Terbesar

Senin, 27 Juli 2015 20:00 by zia92 | 2266 hits
Memiliki Ukuran 30 Kali Lapangan Sepakbola, Cina Akan Bangun Teleskop Terbesar
Image source: sputniknews

DREAMERSRADIO.COM - Memiliki ambisi yang kuat akan luar angkasa, Cina digadang-gadang akan memiliki teleskop radio terbesar di dunia. Media pemerintah Cina melaporkan bahwa teleskop raksasa ini akan memiliki ukuran 30 kali lapangan sepakbola saat selesai nanti.

Teleskop dengan nama Aperture Bulat Radio Telescope (FAST) ini dibangun di sebuah lembah berbentuk mangkuk antara bukit-bukit di provinsi barat daya Guizhou. Para teknisi mulai memasang 4450 panel berbentuk segitiga untuk reflektor teleskop pada Kamis (23/07) lalu, kantor berita resmi Xinhua melaporkan seperti dikutip Yahoo News.

FAST akan menjadi teleskop terbuka terbesar di dunia, mengalahkan Arecibo Observatory di wilayah Puerto Rico Amerika Serikat dengan ukuran diameter 305 meter  (1000 kaki).

Selama bertahun-tahun, para ilmuwan Cina telah mengandalkan data “bekas” yang dikumpulkan oleh orang lain dalam penelitian mereka. Dan teleskop baru ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan negara dalam mengamati luar angkasa.

“Memiliki teleskop yang lebih sensitif, kita dapat menerima pesan radio lemah dan lebih jauh,” kata Wu Xiangping, direktur jenderal Astronomical Society Cina. “Ini akan membantu kita untuk mencari kehidupan cerdas di luar galaksi dan mengeksplorasi asal-usul alam semesta,” lanjutnya.

Teleskop ini akan memiliki perimeter sekitar 1,6 kilometer dan dalam radius lima kilometer, tidak akan ada kota atau pemukiman penduduk, sehingga memberikan lingkungan yang ideal untuk mendengarkan sinyal dari luar angkasa.

Penbangunan teleskop yang sudah dimulai pada Maret 2011 lalu ini dijadwalkan akan selesai tahun depan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)