SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Video NASA Perlihatkan Perbedaan Kontras, Korea Utara Sama Sekali Tak Terlihat Dari Langit

Sabtu, 25 Juli 2015 11:19 by reinasoebisono | 7367 hits
Video NASA Perlihatkan Perbedaan Kontras, Korea Utara Sama Sekali Tak Terlihat Dari Langit
Image source: Daily Mail

DREAMERSRADIO.COM - International Space Station atau ISS merilis sebuah video mengejutkan yang memperlihatkan betapa kontrasnya Korea Selatan dan Korea Utara dari atas langit.

Satelit milik NASA ini terbang di atas Asia Timur dan berlanjut ke Semenanjung Korea. Video yang di-upload di Youtube ini mendapat banyak komentar yang mengkritik bahwa Korea Utara terlihat sangat kontras dengan Korea Selatan yang berada di sebelah selatannya.

Korea Selatan terlihat sangat benderang dari atas langit dengan ratusan bahkan ribuan cahaya yang pastinya berasal dari gedung-gedung metropolitan. Cahaya yang dipancarkan Korea Selatan terlihat merata dan tidak menunjukkan kesenjangan antara satu kota atau daerah dengan daerah lainnya.

Sedangkan saat satelit menuju ke Korea Utara, pemandangan langsung gelap gulita. Bahkan jika dilihat sekilas, tidak bisa dibedakan apakah itu daerah Korea Utara atau laut.


Perbandingan Korea Utara (kanan) yang tanpa penerangan jalan dan Korea Selatan (Daily Mail)

Baca juga: Kim Jong Un Diklaim Punya Kekuatan Super Kendalikan Cuaca

“Korea Utara hampir sepenuhnya gelap dibandingkan Korea Selatan dan China. Tanah gelap muncul seolah-olah itu percikan air yang menyatu dengan Laut Kuning ke Laut Jepang,” tulis NASA.

“Ibukota, Pyongyang, muncul seperti sebuah pulau kecil, meskipun penduduknya berjumlah 3.26 juta (per 2008). Emisi cahaya dari Pyongyang setara dengan kota-kota kecil di Korea Selatan,” lanjut NASA melansir Koreaboo.

Supreme Leader Korea Utara, Kim Jong Un memang mengendalikan sebuah negara yang memiliki masyarakat teramat rahasia sebesar 75.200 meter persegi. Namun terlampau rahasianya, kita tidak bisa melihatnya bahkan dari atas langit.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)