SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

PM Kanada Stephen Harper Adakan Buka Puasa Bersama Pertamanya

Selasa, 30 Juni 2015 10:10 by ningcil | 1361 hits
PM Kanada Stephen Harper Adakan Buka Puasa Bersama Pertamanya
Image source: en.dailypak

DREAMERSRADIO.COM - Selama bertahun-tahun Presiden Barrack Obama menggelar buka puasa tahunan di Gedung Putih. George W Bush juga pernah melakukannya. Namun di Kanada, baru tahun ini PM Stephen Harper menggelar acara yang sama untuk warga Muslim negeri itu.

Harper, pemimpin sayap kanan Partai Konservatif, mengundang keluarga Muslim Kanada berbuka bersama di kediamannya di 24 Sussex Drive, Ottawa, ibu kota Kanada, 24 Juni lalu.

Kepada sekitar 40 Muslim Kanada, Harper mengatakan; "Rumah ini milik seluruh warga Kanada, dan saya berharap seluruh orang Kanada -- khususnya rekan dan tetangga Muslim, berbagi rahmat malam ini."

Langkah ini mengejutkan Muslim Kanada, yang terbiasa dengan politik anti-Islam Harper dan partainya. Terakhir, Harper melarang Muslimah mengenakan niqab selama upacara pengambilan sumpah kewarga-negaraan.

"Ini benar-benar kejutan dari pemerintah," ujar Ikhsaan Gardee, direktur eksekutif Dewan Muslim Kanada, kepada situs berita lokal iPolitics.

Baca juga: Perdana Menteri Tampan Kanada Ucapkan Selamat Idul Fitri Bagi Umat Muslim

"Biasanya, kami terasing, terpinggirkan, dan pemerintah cenderung anti-Islam," lanjutnya. Ia juga mengatakan; "Mengingat sebentar lagi pemilu, kami berharap acara ini bukan salah satu cara menjaring suara Muslim. Kami ingin acara ini adalah perubahan sikap perdana menteri yang nyata."

Ruba al-Hassani, akademisi sosio-legal di Osgoode Hall Law School, Toronto, mengatakan Harper sedang berusaha berbaikan dengan Muslim agar memilihnya pada pemilu mendatang. Survei 2011 menunjukan Kanada adalah rumah bagi 1.053.945 Muslim, atau 3,2 persen dari seluruh penduduk Kanada.

Islam menjadi agama yang paling cepat berkembang di Kanada, dan menjadi minoritas terbesar di negeri itu. Secara tradisional, Muslim Kanada adalah pendukung NDP atau Partai Liberal.

Namun dalam beberapa tahun terakhir NDP kesulitan menggalang dukungan luas dari umat Islam, akibat diloloskannya UU anti-Teror. Laith Taha, insinyur di kota Ontario, mengatakan kepada Al Arabiya; "Anda harus tahu Partai Konservatif sedang mencoba menjangkau populasi Muslim."

Kanada akan menggelar pemilu pada 19 Oktober. Jajak pendapat baru-baru ini memperlihatkan Partai kiri-tengah New Democrat Party (NDP) mengungguli Partai Konservatif.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)