SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Ayam Langka Berkaki ‘Gajah’ Ini Dijual Hingga Puluhan Juta Rupiah!

Senin, 22 Juni 2015 19:56 by Dits | 5240 hits
Wow, Ayam Langka Berkaki ‘Gajah’ Ini Dijual Hingga Puluhan Juta Rupiah!
Image source: Odditycentr

DREAMERSRADIO.COM - Ayam Dong Tao adalah jenis ayam langka yang memiliki keunikan pada kakinya. Ayam yang dijuluki kaki ‘gajah’ ini beratnya bisa mencapai hingga enam kilogram. Dong Tao merupakan jenis ayam yang sangat populer di Vietnam.

Dilansir dari laman Odditycentral, meski penampilannya telihat aneh, namun ayam yang memiliki kaki setebal pergelangan tangan manusia ini dulunya dijadikan persembahan ritual. Namun, berjalannya waktu, kini dagingnya disajikan secara ekslusif di restoran mewah khusus untuk orang – orang kaya.

Image source: odditycentral.com  

Ayam Dong Tao memiliki bulu berwarna-warni. Dagingnya konon dianggap jauh lebih lezat dari ayam biasa, tingginya permintaan pasar membuat harga jual ayam ini sangat mahal. Satu kilogram ayam dibanderol dengan harga VND 350.000-400.000 atau sekitar Rp. 213 ribu - Rp 244 ribu. Namun khusus ayam yang memiliki kaki sangat besar dan kuat dihargai sekitar VND 5-6 juta atau setara Rp 3 juta hingga Rp 3,6 juta rupiah.

Harga ayam ini akan kian meningkat setiap perayaan Tet atau Tahun Baru Vietnam. Bahkan, seorang peternak dari Ho Chi Minh pernah menolak menjual ayamnya jika dibeli kurang dari VND 50 juta atau sekitar Rp 30,5 juta.

Image source: odditycentral.com

Baca juga: Bikin Bangga, Agnez Mo Menangkan Penghargaan di MAMA 2017

Asalnya ayam unik ini dari Provinsi Hung Yen, namun peternakannya terletak di Dong Hoa, Provinsi Dong Nai. Peternakan itu dimiliki oleh Vu Ngoc Tuan, dan ia telah memiliki 400 pasang yang siap diternak. Vu Ngoc Tuan juga diketahui sebagai penyuplai lusinan ayam ke restoran-restoran HCM setiap harinya.

Dibutuhkan waktu satu tahun untuk mengembang biakan ayam-ayam Dong Tao untuk menjadi dewasa sepenuhnya. Menurut Tuan, ayam betina Dong Tao lebih sedikit bertelur dibanding ayam biasa. Hal tersebut disebabkan karena kaki besarnya yang membuat proses penetasan telur sulit, sehingga dibutuhkan teknik penetasan manual demi melindungi telur.

(dits)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)