SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Kehidupan Masyarakat Di Bawah Kendali ISIS

Selasa, 16 Juni 2015 16:06 by reinasoebisono | 3894 hits
Mengenal Kehidupan Masyarakat Di Bawah Kendali ISIS
Image source: BBC

DREAMERSRADIO.COM - Mosul adalah salah satu kota di Irak yang telah setahun dikuasai ISIS. Tidak hanya secara teknis, namun ISIS juga mengendalikan mind set penduduknya dengan mendoktrin ideologi. Mereka hidup dalam ketakutan hukum ISIS karena tidak mampu mengikuti gaya hidup kelompok radikal tersebut.

Dilansir BBC, ISIS menghancurkan masjid-masjid dan gedung sekolah hingga pendidikan terlantar dan kota tidak berkembang. ISIS juga dengan ketat mengatur cara berpakaian perempuan. Suami akan dicambuk jika istri tidak memakai sarung tangan, seluruh tubuh wanita di sana tidak boleh terlihat.


Masjid diledakkan di Mosul (BBC)

Rumah-rumah orang non muslim di sana diteror dan dicat dengan tulisan ‘properti milik ISIS’. Mereka diancam akan dilecehkan bila menentang ISIS. Bahkan orang-orang seperti dokter yang melayani tanpa memandang status agama pun ikut diteror jika membantu kaum minoritas.


Tembok rumah etnis minoritas yang ditulis 'Properti Milik ISIS' (BBC)

ISIS juga tidak segan menyiksa orang-orang yang menjadi buronan mereka. Jika orang tersebut melarikan diri, salah satu keluarganya menjadi ‘tumbal’ dan ditangkap serta disiksa di penjara.

Baca juga: Ditemukan, Ternyata Begini Isi Buku Pelajaran ISIS untuk Anak Sekolah

“Saya ditangkap oleh ISIS. Mereka datang ke rumah mencari adik saya. Ketika tidak menemukannya, mereka memutuskan untuk menahan saya saja.” Ungkap salah satu warga Mosul, Fouad.

“Di penjara, saya disiksa. Pria yang menyiksa saya tidak berhenti sebelum dia lelah. Dia tampak tegang dan tidak mendengarkan apapun yang dikatakan para tahanan. Dia mencambuk saya dengan kabel listrik dan menyiksa saya secara psikologis.” Lanjutnya.


Image source: BBC

Kini kehidupan masyarakat Mosul tanpa harapan. Mereka hidup dari uang tabungan karena sumber daya dikuasai ISIS, bahkan gaji mereka seperempatnya diambil ISIS. Mereka yang menetap hanya bisa berharap orang yang mengungsi kembali dan merebut Mosul untuk membangun Irak yang aman dan kokoh karena ISIS adalah musuh kemanusiaan.

(rei)

 

Komentar
  • HOT !
    Pemerintah menetapkan Idul Fitri atau 1 Syawal 1438 Hijriah jatuh esok hari, Minggu (25/6). Penetapan tersebut berdasarkan Sidang Isbat yang dilakukan pada Sabtu (24/6) yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Kementerian Agama....
  • HOT !
    Sebelum mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama berkunjung ke Bali untuk berlibur, ada Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulazis Al Saud yang juga menghabiskan waktu untuk liburan ke Bali. Meski keduanya tergolong sebagai tamu VVIP, namun ada perbedaan penyambutan....
  • HOT !
    Barack Obama dan 13 orang keluarganya akan berkunjung ke Bali untuk berlibur selama enam hari. Rencananya, mantan Presiden Amerika tersebut akan tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali pada Jumat (23/6) dengan pesawat khusus pukul 17.55 WITA dari Bandara Guam....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)