SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ini Saran Kemenkes Agar Tidak Tertular Virus MERS di Korea Selatan

Sabtu, 06 Juni 2015 08:59 by reinasoebisono | 4022 hits
Ini Saran Kemenkes Agar Tidak Tertular Virus MERS di Korea Selatan
Image source: tagloom.com

DREAMERSRADIO.COM - MERS adalah sebuah virus yang sebenarnya berasal dari Timur Tengah yang menyerang saluran pernapasan namun berbahaya dan bisa menimbulkan kematian. Kali ini, Negeri K-Pop Korea Selatan mengalami Darurat MERS (Middle East Respiratory Syndrome).

Walaupun Indonesia belum memberikan travel warning ke Korea Selatan, sudah 4 orang tewas, 41 orang terjangkit dan 1.600 orang dikarantina di Korea Selatan dilansir CNN.

Sampai saat ini belum ada pembatasan kepergian ke Korea Selatan. Setiap orang tentunya saat ini bebas saja datang ke Korea Selatan,” tulis Tjandra, yang juga anggota WHO Emergency Committe on MERS CoV.

Namun para turis yang ingin berkunjung ke Korea Selatan tetap harus waspada dan dianjurkan melakukan langkah-langkah di bawah ini guna mengurangi kemungkinan terjangkit MERS.

1. Selalu rajin cuci tangan pakai sabun (CTPS), karena sudah terbukti kegiatan ini menurunkan penularan MERS-CoV.

Baca juga: Kembali ke Tanah Air, Jamaah Haji Asal NTB Diduga Terkena Virus Mers

2. Karena MERS-CoV lebih banyak terjadi pada mereka yang ada sakit kronik sebelumnya (paru, jantung, hipertensi, diabetes, dan lainnya), sebaiknya diperiksa dulu oleh dokter di Indonesia, cek keadaannya kini dan bawa obatnya.


Image source: TIME

3. Selama di Korea Selatan batasi kontak dengan mereka yang ada gangguan pernapasan, seperti Influenza, dan batasi kunjungan ke klinik atau rumah sakit yang menangani MERS-CoV di sana.

4. Kalau selama di Korea Selatan (dan 14 hari sesudah kembali ke Indonesia) ada keluhan batuk pilek panas dan keluhan pernapasan lain, segera hubungi petugas kesehatan dan sampaikan riwayat kunjungan ke Korea Selatan.

5. Selalu ikuti perkembangan keadaan MERS-CoV di Korea Selatan dari waktu ke waktu, dan kemudian ikuti rekomendasi-rekomendasi yang nanti mungkin akan dikeluarkan.

(rei/CNN)

Komentar
  • HOT !
    Hadir dalam Aksi Bela Palestina di Monumen Nasional (Monas) pada Minggu (17/12), Pelaksana Tugas Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fadli Zon dalam orasinya mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo harus menyatakan Yerusalem sebagai ibu kota Palestina....
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi), Anies Baswedan dan Sudirman Said diusung Partai Gerindra untuk menjadi calon kepala daerah. Ketua Partai Gerindra, Prabowo Subianto pun merasa beruntung karena Anies dan Sudirman Said ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)