SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Bumi ‘Big One’ Diprediksi Akan Melanda Jepang, Jawaban Dari Fenomena Alam Terompet Sangkakala?

Senin, 01 Juni 2015 09:31 by reinasoebisono | 3829 hits
Gempa Bumi ‘Big One’ Diprediksi Akan Melanda Jepang, Jawaban Dari Fenomena Alam Terompet Sangkakala?
Image source: fondazionez

DREAMERSRADIO.COM - Setelah gempa kecil yang melanda Tokyo pada Sabtu (30/05) lalu, para Seismolog memperingatkan Jepang untuk waspada bencana. Mereka memprediksi gempa ‘raksasa’ akan terjadi di sebagian wilayah Jepang.

Para Seismolog menyebut gempa bumi tersebut sebagai ‘Big One’. Prediksi ini muncul setelah Jepang mengalami beberapa gempa kecil dan letusan gunung berapi Shindake. Kemungkinan tanda-tanda bahwa kerak bumi di wilayah tersebut sedang mengalami fase aktif.

“Mengingat letak geografis Jepang, gempa bumi yang cukup besar akan terjadi kapan saja di masa depan,” kata Toshiyasu Nagao, kepala Pusat Riset Prediksi Gempa Bumi Universitas Tokai, Jepang.

Gempa yang terjadi selama akhir pekan kemarin memang dianggap sebagai sinyal akan bencana di masa depan, namun para ahli belum bisa memprediksi waktu tepatnya kapan terjadi bencana besar tersebut.

Dilansir Tempo sebelumnya, pada hari Sabtu terjadi gempa yang menggoyang Tokyo selama satu menit. Walaupun tidak ada resiko tsunami, namun 12 orang dilaporkan terluka termasuk seorang pria 56 tahun yang mengalami patah tulang rusuk.

Baca juga: Curhat Jokowi yang Tak Tidur Karena Gempa Melanda Selatan Pulau Jawa

Begitu pula hari Minggu, gempa dengan skala 6.2 SR mengguncang kepulauan Izu. Walaupun cukup besar, tidak dilaporkan adanya kerusakan atau korban terluka.

Hal ini juga memancing pembicaraan yang mengatakan bahwa bencana ‘raksasa’ ini adalah jawaban dari beberapa fenomena alam yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk suara aneh mirip terompet yang terdengar di beberapa belahan dunia.

Perubahan alam yang memunculkan fenomena memang sering diartikan sebagai tanda akan kejadian alam lainnya. Anomali cuaca berperan penting dalam hal ini, seperti gelombang panas di India dan penampakan awan raksasa aneh di Amerika Serikat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Presiden Rusia Vladimir Putin menelpon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump untuk mengucapkan terima kasih atas informasi dari CIA yang membantu Rusia untuk menggagalkan serangan teroris yang direncanakan di Saint Petersburg, Minggu (17/12)....
  • HOT !
    Gelaran Djakarta Warehouse Project tahun ini justru mendapat tentangan setelah berhasil mengadakan acara serupa bertahun tahun belakangan. Sejak Kamis, massa anti DWP berunjuk rasa menolak dilaksanakannya acara musik tersebut....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)