home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Gempa Bumi ‘Big One’ Diprediksi Akan Melanda Jepang, Jawaban Dari Fenomena Alam Terompet Sangkakala?

Senin, 01 Juni 2015 09:31 by reinasoebisono | 4369 hits
Gempa Bumi ‘Big One’ Diprediksi Akan Melanda Jepang, Jawaban Dari Fenomena Alam Terompet Sangkakala?
Image source: fondazionez

DREAMERSRADIO.COM - Setelah gempa kecil yang melanda Tokyo pada Sabtu (30/05) lalu, para Seismolog memperingatkan Jepang untuk waspada bencana. Mereka memprediksi gempa ‘raksasa’ akan terjadi di sebagian wilayah Jepang.

Para Seismolog menyebut gempa bumi tersebut sebagai ‘Big One’. Prediksi ini muncul setelah Jepang mengalami beberapa gempa kecil dan letusan gunung berapi Shindake. Kemungkinan tanda-tanda bahwa kerak bumi di wilayah tersebut sedang mengalami fase aktif.

“Mengingat letak geografis Jepang, gempa bumi yang cukup besar akan terjadi kapan saja di masa depan,” kata Toshiyasu Nagao, kepala Pusat Riset Prediksi Gempa Bumi Universitas Tokai, Jepang.

Gempa yang terjadi selama akhir pekan kemarin memang dianggap sebagai sinyal akan bencana di masa depan, namun para ahli belum bisa memprediksi waktu tepatnya kapan terjadi bencana besar tersebut.

Dilansir Tempo sebelumnya, pada hari Sabtu terjadi gempa yang menggoyang Tokyo selama satu menit. Walaupun tidak ada resiko tsunami, namun 12 orang dilaporkan terluka termasuk seorang pria 56 tahun yang mengalami patah tulang rusuk.

Baca juga: Update 48 Orang Tewas Akibat Gempa Potensi Tsunami Jeoang, Bagaimana Nasib WNI Di Sana?

Begitu pula hari Minggu, gempa dengan skala 6.2 SR mengguncang kepulauan Izu. Walaupun cukup besar, tidak dilaporkan adanya kerusakan atau korban terluka.

Hal ini juga memancing pembicaraan yang mengatakan bahwa bencana ‘raksasa’ ini adalah jawaban dari beberapa fenomena alam yang terjadi akhir-akhir ini, termasuk suara aneh mirip terompet yang terdengar di beberapa belahan dunia.

Perubahan alam yang memunculkan fenomena memang sering diartikan sebagai tanda akan kejadian alam lainnya. Anomali cuaca berperan penting dalam hal ini, seperti gelombang panas di India dan penampakan awan raksasa aneh di Amerika Serikat.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)