SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kuburan Massal Muslim Rohingya Ditemukan di Malaysia

Minggu, 24 Mei 2015 15:16 by ningcil | 1830 hits
Kuburan Massal Muslim Rohingya Ditemukan di Malaysia
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Polisi Di Raja Malaysia menemukan 30 kuburan massal di negara bagian Perlis, yang diyakini berisi 100 jenazah Muslim Rohingya dan migran Bangladesh. Temuan ini terungkap tak lama setemah Kementerian Dalam Negeri Malaysia membantah keras adanya kamp perdagangan manusia di wilayahnya.

Mingguan Malaysia, edisi minggu surat kabar Utusan Malaysia, melaporkan kuburan -- terletak di hutan Padang Besar dan Wang Kelian, ditemukan pertengahan Mei 2015 lalu. Sampai dua pekan temuan itu tak terungkap ke pers.

Surat kabar itu juga memberitakan polisi juga menangkap beberapa orang asing dan warga desa di sekitar lokasi kuburan, dan akan didakwa melanggar UU anti-Perdagangan Manusia dan Penyelundupan Migran, atau UU tahun 2007. Mereka dicurigai membawa migran dan menampungnya. 

Mengutip seorang sumber, Mingguan Malaysia menulis para migran diyakini berpindah dari satu ke lain lokasi. Sejauh ini operasi penggalian masih berlangsung, dan tim forensik kemungkinan akan membemukan jenazah lebih banyak lagi. Bukan tidak mungkin ada kamp-kamp pengungsi lain di sekitar lokasi.

Mereka yang ditangkap di lokasi kuburan massal adalah seorang pengusaha asal Wang Kelian. Sang pengusaha mengatakan putus asa bisnis pariwisata-nya turun akibat kontrol paspor yang ketat di perbatasan, dan beralih ke bisnis lain; perdagangan manusia. 

Sebelumnya, Sekjen Kemendagri Malaysia Datuk Alwi Ibrahim mengatakan penyelidikan belum menemukan adanya kamp perdagangan manusia dan kuburan massal di Malaysia. 

Di Bangladesh, surat kabar The Daily Star melaorkan sedikitnya 250 ribu WN Bangladesh ditahan di kamp-kamp di hutan Thailand. Mereka hanya akan dibebaskan jika keluarganya membawa uang tebusan.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)