home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Danau Kelimutu Berubah Warna, Pertanda akan Terjadi Kejadian Alam Besar?

Jumat, 01 Mei 2015 18:19 by reinasoebisono | 6169 hits
Danau Kelimutu Berubah Warna, Pertanda akan Terjadi Kejadian Alam Besar?
metrotvnews.com

DREAMERSRADIO.COM - Indonesia kaya akan keindahan alamnya, Salah satunya adalah Danau Kelimutu yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu yang berada di puncak gunung dan berjumlah 3 danau ini mulai berubah warna sejak Sabtu (25/04) dan Minggu (26/04).

Dikutip Kompas.com, Danau Nuwamuri Ko’o Fai yang semula berwarna biru berubah menjadi warna putih susu. Danau Ata Polo yang semula berwarna hijau berubah menjadi warna merah. Sedangkan Danau Ata Bupuyang semula berwarna hitam berubah menjadi warna hijau. Sekarang Danau Kelimutu menjadi merah, putih dan hijau.

Ini adalah yang pertama kali terjadi setelah perubahan terakhirnya pada tahun 2013. Hingga kini perubahan tersebut masih dipantau oleh petugas Balai Taman Nasional Kelimutu.

"Kemungkinan penyebab danau itu berubah warna karena hujan lebat selama ini yang masuk ke kawah dan menyentuh magma di dasar kawah tersebut. Akibatnya, magma mengeluarkan asap. Biasanya kalau magma disentuh air maka akan mengeluarkan asap. Saat ini di sekitar kawah tinggi asap 10-15 meter,” jelas Kepala Stasiun Vulkanologi Kabupaten Ende, Gabriel Rago.

Baca juga: Dipercaya Sebagai Tanda Alam Dunia, Ini Sebab Warna Danau Kelimutu Berubah Lagi

Namun menurut kepercayaan masyarakat sekitar yang dinamakan Lio, perubahan warna pada Danau Kelimutu biasanya menjadi pertanda akan adanya perubahan yang besar pada alam Indonesia maupun dunia.

"Hal ini terjadi seperti tahun 1992 di mana terjadi gempa bumi di Flores atau tahun 2004 dan tsunami di Aceh,” sambung Rago.

Hmmm, gimana menurutmu Dreamers, akankah terjadi suatu fenomena alam besar sebentar lagi? (rei)

Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)