SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Danau Kelimutu Berubah Warna, Pertanda akan Terjadi Kejadian Alam Besar?

Jumat, 01 Mei 2015 18:19 by reinasoebisono | 5633 hits
Danau Kelimutu Berubah Warna, Pertanda akan Terjadi Kejadian Alam Besar?
metrotvnews.com

DREAMERSRADIO.COM - Indonesia kaya akan keindahan alamnya, Salah satunya adalah Danau Kelimutu yang terletak di Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau Kelimutu yang berada di puncak gunung dan berjumlah 3 danau ini mulai berubah warna sejak Sabtu (25/04) dan Minggu (26/04).

Dikutip Kompas.com, Danau Nuwamuri Ko’o Fai yang semula berwarna biru berubah menjadi warna putih susu. Danau Ata Polo yang semula berwarna hijau berubah menjadi warna merah. Sedangkan Danau Ata Bupuyang semula berwarna hitam berubah menjadi warna hijau. Sekarang Danau Kelimutu menjadi merah, putih dan hijau.

Ini adalah yang pertama kali terjadi setelah perubahan terakhirnya pada tahun 2013. Hingga kini perubahan tersebut masih dipantau oleh petugas Balai Taman Nasional Kelimutu.

"Kemungkinan penyebab danau itu berubah warna karena hujan lebat selama ini yang masuk ke kawah dan menyentuh magma di dasar kawah tersebut. Akibatnya, magma mengeluarkan asap. Biasanya kalau magma disentuh air maka akan mengeluarkan asap. Saat ini di sekitar kawah tinggi asap 10-15 meter,” jelas Kepala Stasiun Vulkanologi Kabupaten Ende, Gabriel Rago.

Baca juga: Dipercaya Sebagai Tanda Alam Dunia, Ini Sebab Warna Danau Kelimutu Berubah Lagi

Namun menurut kepercayaan masyarakat sekitar yang dinamakan Lio, perubahan warna pada Danau Kelimutu biasanya menjadi pertanda akan adanya perubahan yang besar pada alam Indonesia maupun dunia.

"Hal ini terjadi seperti tahun 1992 di mana terjadi gempa bumi di Flores atau tahun 2004 dan tsunami di Aceh,” sambung Rago.

Hmmm, gimana menurutmu Dreamers, akankah terjadi suatu fenomena alam besar sebentar lagi? (rei)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)