SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Kronologi Terbakarnya Pesawat TNI AU F-16 di Halim

Kamis, 16 April 2015 16:09 by ningcil | 988 hits
Inilah Kronologi Terbakarnya Pesawat TNI AU F-16 di Halim
Image source: flasberita.

DREAMERSRADIO.COM - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna menjelaskan kronologi pesawat F-16 Fighting Falcon Block 52ID nomor registrasi TT-1643 milik TNI Udara yang gagal "take off" di Lanud Halim Perdanakusuma, karena terjadi kebakaran mesin.

"Pada saat pesawat laksanakan 'rooling take off' (sekitar pukul 08.15 WIB), penerbang melihat ada sesuatu 'mall function'," kata KSAU, saat jumpa pers di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis.

Penerbang, dalam dalam hal ini Letkol (Pnb) Firman Dwi Cahyono, mengetahui adanya "mall function" setelah "warning light" di pesawat menyala. Indikasinya ada dua masalah, yaitu pada sistem hidrolik dan elektrik.

"Penerbang dengan kecepatan untuk 'take off', tetapi belum lepas landas dan laksanakan 'abort take off'," ucap Kasau.

Yang terjadi kemudian, diduga ada kebocoran hidrolik sehingga sistem pengereman pesawat tidak maksimal.

Baca juga: Pesawat Terbang Pribadi Jatuh di Jalan Tol Tersibuk di California

"Karena pengereman tidak maksimum, daripada lewat dari 'runway' (landasan lancang), disitu banyak perumahan. Pilot mengambil 'action' memutar kembali," ujarnya, mengungkapkan.

Tetapi lantaran pesawat masih "full" atau penuh bahan bakar, kemudian terjadi percikan api di mesin, maka terjadilah kebakaran.

"Saya menghargai pilot dengan actionnya tidak menimbulkan korban lainnya. Keluar dari pesawat, cedera di tangan dan pundak. Dari penanganan dokter di RS Esnawa Antariksa TNI AU, penerbang sehat walafiat," ujar Agus.

Salah satu dari pesawat F-16 mengalami gagal "take off" saat melaksanakan latihan pengamanan pertahanan udara terkait KTT Asia Afrika. [tar]

Source:
Komentar
  • HOT !
    Menteri Agama Lukman Hakim sempat disoraki oleh sebagian massa Aksi Bela Palestina sebelum dirinya melakukan orasi. Namun saat ditanya apa yang menyebabkan massa melakukan hal tersebut, Lukman mengaku tidak tahu dan merasa biasa saja....
  • HOT !
     Natal segera tiba sebagai hari Raya umat Kristinani yang memperingati hari lahir Yesus. Namun momen tersebut pun tidak lepas dari sosok Bunda Maria. Seperti yang dilakukan seorang seniman asal Kebumen, Jawa Tengah bernama Eddy Ruswanto....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)