SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Saksikan Gerhana Bulan, Pria Ini Gemetar Kedinginan

Minggu, 05 April 2015 10:09 by Dewinn | 1467 hits
Saksikan Gerhana Bulan, Pria Ini Gemetar Kedinginan
image source : wczy.net

DREAMERSRADIO.COM - Sebagian masyarakat di Provinsi Aceh bisa menyaksikan gerhana bulan meskipun dalam kondisi cuaca mendung disertai hujan, Sabtu (4/4) malam.

Muhksinudin (63) warga Desa Blang Beurandang, Kecamatan Johan Pahlawan di Meulaboh mengatakan, saat berlangsung gerhana bulan tubuhnya terasa dingin gemetar terasa seperti kena embun pagi.

"Setiap gerhana satu hal yang dirasakan oleh tubuh manusia bila tidak terlihat maka akan terasa dingin sampai ke tulang, seperti kena embun pagi, malam ini dinginnya terasa sekali," katanya.

Dia menceritakan peristiwa gejala gerhana sekitar tahun 50-an apabila gerhana sedang berlangsung maka tubuh terasa dingin bahkan lentera dan obor tidak bisa menjadi penerang jalan, saat demikian barulah masyarakat melaksanakan sholat gerhana serta memukul beduk atau gentongan.

Perhitungan terjadinya gerhana tersebut menurut tokoh masyarakat ini sangat mungkin apabila dihitung dari bulan arab dipadukan dengan hisap arab, biasanya di Aceh disebutkan muncul 'panamo' (bulan penuh) bertepatan 15 hari bulan langit masuk 15 Jumadil Akhir 1436 Hijriah.

Kata dia, masyarakat di kawasan itu tidak melaksanakan sholat gerhana (kusyupain) karena kejadiaan fenomena gerhana bulan tahun ini melintas disaat jam sholat magrib-isya. Masyarakat tidak ada yang menyaksikan fenomena tersebut karena berada dalam rumah dan masjid.

Sama halnya dengan masyarakat Desa Ranto Panjang Timur, Kecamatan Meureubo, sejumlah pemangku adat dan ustad yang ditemui mengatakan tidak melaksanakan sholat gerhana bulan karena sama sekali tidak mengetahui adanya peristiwa gejala alam ini.

"Kami baru saja tadi selesai sholat magrib pukul 19.20 WIB, sepertinya tidak ada gerhana. Tapi tidak tahu juga karena cuaca mendung ditambah hujan sampai selesai sholat isya barusan," kata imam masjid Ranto Panjang Tgk Ali Mudin usai sholat isya berjamaah.

Sekitar pukul 19.30 WIB, cuaca mendung di sejumlah kecamatan Aceh Barat menghilang, bulan dan bintang kembali bersinar menandakan peristiwa gerhana bulan mungkin saja sudah terjadi sebagaimana disaksikan dan dirasakan sebagian darah lain di Indonesia.

Sementara di Banda Aceh, gerhana tampak jelas, sekitar pukul 19.15 WIB terjadi gerhana total, kemudian secara perlahan bulan tampak kembali sampai pukul 20.00 WIB sudah kelihatan setengah.

Sekitar pukul 20.15 WIB, bulan kembali normal atau purnama, dan kemudian hilang karena tertutup awan.

Source:
Komentar
  • HOT !
    Banjir, permasalahan dan solusinya sudah melekat pada DKI Jakarta, terutama pada masa pemerintahan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Djarot Saiful Hidayat. Beberapa program pun dilakukan keduanya untuk mengatasi banjir, mulai dari alat seperti pompa, hingga personil seperti pasukan oranye....
  • HOT !
    Suasana mencekam terjadi di Times Square, New York pada Senin (11/12). Seorang pemuda yang telah diidentifikasi oleh pihak kepolisian sebagai Akayed Ullah melakukan aksi bom bunuh diri di stasiun kereta bawah tanah dekat Times Square, Manhattan, New York....
  • HOT !
    Menjelang akhir pidatonya tentang pengumuman Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel pada hari Rabu lalu, ada yang aneh dari cara berbicara Donald Trump. Trump kesulitan melafalkan kata kata secara jelas mirip gejala kelu lidah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)