SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Gerhana Matahari Total Besok, Masyarakat Diperingatkan Agar Tidak Selfie

Kamis, 19 Maret 2015 16:04 by citra09 | 5529 hits
Jelang Gerhana Matahari Total Besok, Masyarakat Diperingatkan Agar Tidak Selfie
Image source: Wallconvert

DREAMERSRADIO.COM - Gerhana matahari total dikabarkan akan melanda beberapa wilayah di Eropa pada Jumat (20/03) besok. Para spesialis kesehatan mata pun memperingatkan masyarakat agar tidak memotret diri mereka alias melakukan selfie saat gerhana berlangsung karena bisa berakibat fatal.

Dikutoip dari CNN Indonesia berdasarkan The Telegraph, berfoto selfie saat gerhana matahari total bisa mengakibatkan kerusakan pada mata. Daniel Hardiman-McCartney dari College of Optometrists di Inggris mengatakan, mengambil foto menggunakan iPhone atau kamera biasa sama bahayanya dengan melihat matahari secara langsung dengan mata telanjang, yaitu mampu membakar retina mata dan berujung pada kebutaan.

Walau menggunakan pelindung seperti kacamata hitam, belum cukup untuk melindungi mata dari kerusakan. Jika bersikeras ingin berfoto selfie, disarankan menggunakan kacamata khusus yang bisa menghalang sinar matahari berbahaya dan mencegah penyakit mata makula, yakni kerusakan pada inti retina akibat radiasi matahari.

"Tak ada sistem aman untuk melihat gerhana secara langsung. Tapi, melihatnya dari video atau foto di ponsel tidak menimbulkan bahaya," terang McCartney. Bahkan menggunakan teleskop atau binokular sekalipun sangat tidak disarankan karena masih memiliki risiko tinggi.

Gerhana matahari total yang akan menyerang kawasan Eropa akan terjadi pada pagi hari di London, Inggris, gerhana akan mulai pada pukul 08:24 waktu setempat. Gerhana ini juga cukup membuat Jerman gempar karena negara itu menggunakan energi surya sebanyak 7 persen.

Baca juga: Ketahui Resikonya, 'Bulan Darah Biru' dan Dua Fenomena Lain Akan Hiasi Langit Indonesia

Sayangnya tidak bisa seluruh dunia bisa menyaksikan gerhana ini. Peristiwa langka ini hanya bisa diamati dari ujung selatan Greenland sampai Islandia dan Inggris. Sedangkan Indonesia tidak bisa menyaksikannya secara langsung.

(CNN Indonesia/Ctr)

Komentar
  • HOT !
    Pada Senin (14/10), laporan tentang upaya pertolongan pertama, hingga hal hal mendetil tentang meninggalnya Sulli disebarkan ke publik oleh seorang oknum pemadam. Identitasnya sudah didapatkan, dan kini secara terbuka diminta menyerahkan diri....
  • HOT !
    Pelantikan presiden wakil presiden akan digelar sebentar lagi, tepatnya pada Sabtu 20 Oktober besok di Gedung DPR RI. Setelahnya, presiden harus mengumumkan siapa siapa yang akan menjadi menteri yang membantunya dalam menjalankan urusan negara....
  • HOT !
    Kepergian Sulli yang disebabkan oleh depresi karena serangan komentar jahat dari netizen, menjadi cambuk tersendiri bagi para pemangku kekuasaan untuk lebih memperhatikan kesehatan mental maupun perilaku warganya di dunia maya....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)