home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

ISIS Bangun Tiruan Guantanamo, Penjara Paling Biadab Di Dunia

Senin, 16 Maret 2015 18:32 by reinasoebisono | 3134 hits
ISIS Bangun Tiruan Guantanamo, Penjara Paling Biadab Di Dunia
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Javier Espinosa, warga Spanyol yang permah menjadi tawanan di Irak, mengatakan ISIS membangun penjara seperti Guantanamo -- penjara AS paling biadab di dunia untuk mereka yang diberi stigma teroris oleh Washington.

Menulis di koran El Mundo, wartawan yang diculik 16 September 2013 dan dibebaskan 29 Maret 2014 itu secara rinci bercerita soal eksekusi pertama yang dilakukan ISIS. Kulit putih pertama yang menjadi korban di penjara itu adalah sandera Rusia Sergei Gorbunov, yang dinyatakan hilang Oktober 2013.

Espinosa mengatakan, ISIS mengelompokkan 23 sandera dari 11 negara Barat di sebuah vila utara di Aleppo. Di sini ISIS benar-benar meniru penjara Guantanamo di Kuba.


Javier Espinosa (Alarabiya)

"Mereka mempersiapkan proyek ini sejak lama," tulis Espinosa. "Seorang penjaga penjara mengatakan ISIS menginginkan keamanan tingkat tinggi dengan banyak kamera dan penjaga seperti di Barat."

Menurur Espinosa, dirinya banyak mendapat informasi dari James Foley -- wartawan ISIS yang dipenggal tahun 2013 lalu.

Baca juga: Begini Alasan Anak-Istri Terduga Teroris ISIS Eks WNI Tidak Bisa Ditangani LPSK

"Foley bercerita kepada saya bahwa seorang komandan ISIS mengatakan sandera akan berada di tahanan dalam waktu sangat lama," ungkap Espinosa. "Alasannya, karena kami adalah orang-orang pertama yang ditangkap."

Setelah pemenggalan sandera Rusia, 22 wartawan Eropa, AS, Amerika Latin, dan pekerja kemanusiaan dijadikan ajang latihan upacara eksekusi pura-pura oleh trio penjaga yang dijuluki The Beatles.

Di lain kesempatan, sandera dipaksa melihat gambar-gambar eksekusi mati Gurbonov, yang dieksekusi dengan cara ditembak belakang kepala.

Espinosa harus menunggu hampir satu tahun sebelum menuliskan pengalaman berada di penjara ISIS. Alasannya, ISIS mengancam akan membunuh sandera lain jika dia buka mulut, apalagi menuliskan semua yang dilihatnya.

Menurut Espinosa, saat ini waktu yang tepat untuk mengungkap semua yang diketahui. Namun, nasib fotografer Inggris John Cantile tidak diketahui. Video terakhir yang dirilis ISIS memperlihatkan dia masih hidup.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)