SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

ISIS Bangun Tiruan Guantanamo, Penjara Paling Biadab Di Dunia

Senin, 16 Maret 2015 18:32 by reinasoebisono | 2932 hits
ISIS Bangun Tiruan Guantanamo, Penjara Paling Biadab Di Dunia
Image source: inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Javier Espinosa, warga Spanyol yang permah menjadi tawanan di Irak, mengatakan ISIS membangun penjara seperti Guantanamo -- penjara AS paling biadab di dunia untuk mereka yang diberi stigma teroris oleh Washington.

Menulis di koran El Mundo, wartawan yang diculik 16 September 2013 dan dibebaskan 29 Maret 2014 itu secara rinci bercerita soal eksekusi pertama yang dilakukan ISIS. Kulit putih pertama yang menjadi korban di penjara itu adalah sandera Rusia Sergei Gorbunov, yang dinyatakan hilang Oktober 2013.

Espinosa mengatakan, ISIS mengelompokkan 23 sandera dari 11 negara Barat di sebuah vila utara di Aleppo. Di sini ISIS benar-benar meniru penjara Guantanamo di Kuba.


Javier Espinosa (Alarabiya)

"Mereka mempersiapkan proyek ini sejak lama," tulis Espinosa. "Seorang penjaga penjara mengatakan ISIS menginginkan keamanan tingkat tinggi dengan banyak kamera dan penjaga seperti di Barat."

Menurur Espinosa, dirinya banyak mendapat informasi dari James Foley -- wartawan ISIS yang dipenggal tahun 2013 lalu.

Baca juga: Wanita Asal Bekasi yang Jadi Istri Petinggi ISIS Filipina Diciduk Beserta Rangkaian Alat Bukti

"Foley bercerita kepada saya bahwa seorang komandan ISIS mengatakan sandera akan berada di tahanan dalam waktu sangat lama," ungkap Espinosa. "Alasannya, karena kami adalah orang-orang pertama yang ditangkap."

Setelah pemenggalan sandera Rusia, 22 wartawan Eropa, AS, Amerika Latin, dan pekerja kemanusiaan dijadikan ajang latihan upacara eksekusi pura-pura oleh trio penjaga yang dijuluki The Beatles.

Di lain kesempatan, sandera dipaksa melihat gambar-gambar eksekusi mati Gurbonov, yang dieksekusi dengan cara ditembak belakang kepala.

Espinosa harus menunggu hampir satu tahun sebelum menuliskan pengalaman berada di penjara ISIS. Alasannya, ISIS mengancam akan membunuh sandera lain jika dia buka mulut, apalagi menuliskan semua yang dilihatnya.

Menurut Espinosa, saat ini waktu yang tepat untuk mengungkap semua yang diketahui. Namun, nasib fotografer Inggris John Cantile tidak diketahui. Video terakhir yang dirilis ISIS memperlihatkan dia masih hidup.

Source:
Komentar
  • HOT !
     Gempa berkekuatan cukup besar menghebohkan Indonesia karena terasa di sepanjang daerah Selatan Pulau Jawa. Karena guncangan berpusat di dalam laut, masyarakat khawatir terjadi tsunami karena BMKG memang sempat mengeluarkan peringatan dini....
  • HOT !
    Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberi klarifikasi jika salah satu program andalannya, yaitu OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) tidak pernah berjanji memberikan modal....
  • HOT !
    Gugatan praperadilan jilid II yang diajukan oleh Ketua DPR (non aktif) Setya Novanto terkait kasus korupsi megaproyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e KTP) dinyatakan gugur oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Keputusan tersebut disahkan oleh Hakim Kusno saat sidang digelar Kamis (14/12)....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)