SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Burung Unik Asal Amazon Ini Bisa ‘Ubah’ Dirinya Jadi Ulat Beracun!

Sabtu, 07 Maret 2015 13:00 by Dits | 5904 hits
Burung Unik Asal Amazon Ini Bisa ‘Ubah’ Dirinya Jadi Ulat Beracun!
Image source: Odditycentr

DREAMERSRADIO.COM - Berbeda dengan sebagian besar anak burung yang bergantung pada induk mereka untuk meminta perlindungan dan makanan, anak burung asal Amazon, Cinereous Mourner memiliki sebuah taktik bertahan hidup yang sangat unik.

Dilansir dari laman Odditycentral.com, untuk menghindari predator yang ingin memangsa mereka, burung Cinereous Mourner dapat mengubah dirinya menjadi ulat bulu beracun.  Burung tersebut akan menutupi tubuhnya dengan bulu berwarna oranye cerah sehingga tampak seperti ulat besar yang beracun. Dan untuk menyempurnakan kamuflase, burung tersebut bahkan menggeliat seperti ulat.


Image source: Odditycentral.com

"Ciri-ciri ini mirip seperti ulat berbulu aposematic " ungkap Dr Gustavo Londoño, seorang ahli biologi di University of California. Menurutnya, strategi kamuflase tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi sarang burung dari serangan predator.

“Ulat yang kami temui berukuran 12 cm, sangat cocok dengan ukuran L. hypopyrra. Kesamaan fisik yang paling mencolok adalah ulat berbulu oranye tersebut memiliki ujung bulu warna putih, sama persis seperti bulu halus Cinereous Mourner saat ia meringkuk dan memperlihatkan ujung putih yang terang." 

 


Image source: Odditycentral.com

Baca juga: Kejadian Langka Burung Tersangkut di Pesawat Usai Tabrakan

Para ilmuwan percaya bahwa keunggulan Cinerous mengubah diri mereka berkamuflase menjadi ulat beracun mampu menjaga mereka dari serangan para predator. Menariknya, para ilmuan mulai menyadari kemampuan meniru anak burung Cinerous pada tahun 2012.

Ilmuan merasa aneh bagaimana anak burung Cinerous bisa terlihat sangat cerah saat merasa terancam, bukannya menyatu dengan lingkungan sekitar. Setelah dilakukan penelitian, Dr. Londono dan timnya menemukan bahwa strategi bertahan hidup yang unik Cinerous dikenal sebagai mimikri Batesian, strategi yang sebelumnya pernah ditemukan di banyak spesies lainnya, terutama kupu-kupu.

(Dits)

  • HOT !
    Tidak hanya perlengkapan, kondisi fisik dan transportasi saja yang harus dipersiapkan oleh pelaku mudik setiap tahunnya. Namun juga informasi soal akses dan kesiapan jalur yang akan dilaluinya. Karena pemerintah telah menyampaikan progres kesiapan jalur di Pulau Jawa....
  • HOT !
    Proyek pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana di Bali akhirnya akan rampung pada tahun 2018 ini setelah memakan waktu selama 28 tahun. Menurut perhitungan, pemasangan modul modul GWK akan selesai pada bulan Agustus mendatang....
  • HOT !
    Gelaran pesta olahraga terbesar di Asia siap dilaksanakan di Indonesia, tepatnya di Jakarta dan Palembang Agustus mendatang. Mengiringi Asian Games 2018, tentu aspek keamanan dan kenyamanan harus dipersiapkan sebaik baiknya untuk menyambut banyak kontingen peserta dari berbagai negara....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)