SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jelang Tahun Baru Imlek, Pemerintah Cina Larang Penggunaan Kembang Api

Rabu, 18 Februari 2015 16:31 by zia92 | 1045 hits
Jelang Tahun Baru Imlek, Pemerintah Cina Larang Penggunaan Kembang Api
Image source: ibtimes.co.

DREAMERSRADIO.COM - Kembang api merupakan salah satu hal pokok dalam perayaan Festival Musim Semi di Cina. Awalnya, kembang api dinyalakan untuk menakut-nakuti roh jahat, namun karena keindahannya, kini kembang api dapat dinikmati sebagai hiburan.

Menyalakan kembang api saat malam tahun baru lunar atau Imlek mungkin bisa menjadi hiburan, namun dampak buruk yang dihasilkan seperti membuat polusi udara dan hiruk pikuk yang terjadi menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah Cina.

Dilansir Wall Street Journal, beberapa warga mengeluhkan kabut asap yang tebal dan keramaian tanpa henti yang menelan kota selama Tahun Baru Imlek yang dimulai pada 19 Februari besok. Kekhawatiran tersebut menjadi lebih parah dalam beberapa tahun terakhir, seperti buruknya kualitas udara di seluruh Cina.

Baca juga: Ini Perbedaan Imlek dan Cap Go Meh yang Jarang Diketahui

Keselamatan juga merupakan hal yang menjadi perhatian utama. Pasalnya ribuan orang di seluruh Cina terluka setiap tahunnya karena kecelakaan kembang api saat Imlek.

Pada 3 Februari lalu, Departemen Perlindungan Lingkungan Cina megeluarkan pemberitahuan untuk menerapkan pembatasan penggunaan kembang api di Tahun Baru Imlek tahun ini. Sebanyak 536 kota telah memberlakukan pembatasan ini, sementara sebanyak 138 kota lainnya benar-benar melarang penggunaan kembang api.

(zia)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)