home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Asteroid Sebesar 5 Lapangan Sepakbola Akan Dekati Bumi

Senin, 26 Januari 2015 13:48 by citra09 | 3086 hits
Asteroid Sebesar 5 Lapangan Sepakbola Akan Dekati Bumi
Image source: Inilah.com

DREAMERSRADIO.COM - Asteroid seukuran lapangan sepakbola dikabarkan akan mendekati bumi dan diperkirakan lewat di atas kepala miliaran umat manusia, Senin (26/1), serta bisa dilihat dengan teropong.

Asteroid akan bisa dilihat dengan teropong pada pukul 23:07. Ini fenomena alam yang langka, karena asteroid sebesar diramalkan baru akan mendekati bumi lagi tahun 2027. Asteroid 2004 BL86 akan berada pada titik terdekat dengan bumi, yaitu 1,2 juta kilometer -- sekitar tiga kali jarak Bumi ke bulan.

Baca juga: Bangga, Nama Ilmuwan Wanita Indonesia Diabadikan Jadi Nama Asteroid!

Para pakar memperkirakan diameter asteroid 0,5 kilometer dan masuk klasifikasi berbahaya. Sebuah benda antariksa dianggap berpotensi berbahaya jika melintasi orbit bumi pada jarak kurang dari 0,05 AU, atau 19,5 jarak Bumi ke bulan, dan jika berdiameter melebihi 100 sampai 150 meter.

Obyek sebesar ini cukup luar biasa untuk menyebabkan kerusakan yang pernah terjadi sebelumnya. Jika jatuh ke laut akan menimbulkan tsunami.

Don Yomans, dari Program Obyek Dekat Bumi di Laboratorium NASA, mengatakan meski tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi, ini adalah pendekatan asteroid yang relatif besar dan memberi kesempatan umat manusia untuk belajar lebih banyak.

Yomans mengatakan asteroid sebesar ini diperkirakan akan kembali terlihat dari bumi pada tahun 2027.

Source:
Komentar
  • HOT !
    BUJT atau Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan tarif jalan tol sampai dengan 20% pada periode arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1445H/Lebaran 2024. PT. Jasa Marga (Persero) Tbk memberikan diskon tarif tol untuk Jalan Tol Trans Jawa....
  • HOT !
    Outlet media Maeil Kyungjae pada Kamis (21/3) melaporkan bahwa oknum kepolisian yang diduga membocorkan informasi investigas kasus narkoba yang melibatkan Lee Sun Kyun, ditangkap....
  • HOT !
    Prabowo Subianto, purnawirawan Letnan Jenderal kini resmi menyandang Bintang 4 TNI di pundaknya. Momen ini terjadi di Rapat Pimpinan TNI Polri 2024 pagi ini, 28 Februari 2024 yang dilangsungkan di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)