SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Rupiah Masuk Daftar Mata Uang ‘Sampah’ dan Paling Tak Berharga di Dunia! Apa Sebabnya?

Senin, 15 Desember 2014 17:09 by citra09 | 12076 hits
Rupiah Masuk Daftar Mata Uang ‘Sampah’ dan Paling Tak Berharga di Dunia! Apa Sebabnya?
Image source: satrioarism

DREAMERSRADIO.COM - Memiliki nilai tukar mencapai Rp 12.467 setiap 1 dollar Amerika Serikat, mata uang Indonesia, Rupiah sayangnya harus masuk dalam daftar mata uang ‘sampah’ atau mata uang paling tidak berharga di dunia versi The Richest.

Berdasarkan data dari The Richest, terdapat 15 mata yang memiliki nilai tukar paling rendah terhadap dollar Amerika Serikat. Dan dalam daftar tersebut, Rupiah Indonesia ternyata masuk di dalamnya.

Dalam data tersebut, Indonesia masuk dalam posisi ke-4. Untuk membeli satu dollar Amerika saja, kita harus membayar sekitar Rp 12.467, di mana nilai tukar tersebut merupakan yang paling lemah sejak bulan Agustus lalu, demikian menurut Bloomberg, seperti dikutip dari Liputan6.

Menurut majalah The Economist, penyebab yang membuat nilai tukar rupiah sangat lemah terhadap dolar Amerika adalah karena infrastruktur yang jelek, serta pemerintahan yang birokratis dan korupsi yang merajalela.

Baca juga: Asyiknya Belanja Suvenir Khas di Korea Selatan Bisa Bayar Pakai Rupiah!

Selain itu, menurut pengamat pasar uang, Farial, ia mengatakan bahwa fenomena tersebut terjadi akibat pembenaran terhadap nilai tukar rupiah terhadap dollar yang semakin merosot. “US$ 1 bisa mencapai puluhan ribu. Selalu ada pembenaran di level 10 ribu oke, 11 ribu oke. Harus ada upaya untuk mengendalikan ini,” ujar Farial, seperti dikutip dari Tempo.co.

Sementara itu, negara dengan mata uang paling tak berharga nomor 1 di dunia adalah Iran, yang memiliki nilai tukar mencapai 26.905,00 riyal setiap 1 dollar Amerika. Sementara itu peringkat kedua diduduki oleh mata uang Vietnam, Dong, dengan nilai tukar 21.393 per dolar AS. Dobra, mata uang negara Sao Tome berada di posisi ketiga dengan nilai tukar 19.750 per dolar AS.

(Tempo/Liputan6/ctr)

Komentar
  • HOT !
    Ketua Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Zainudin Paru mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang memenangkan Fahri Hamzah. ...
  • HOT !
    Program OK OCE (One Kecamatan, One Center for Enterpreuneurship) milik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno pada masa kampanye Pilkada DKI Jakarta kembali menjadi sorotan. Pasalnya, dalam spanduk OK OCE saat kampanye memuat janji modal padahal program itu disebut Sandi tidak pernah memberi ‘janji modal’....
  • HOT !
    Anies Baswedan dan Sudirman Said merupakan mantan pejabat kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Anies dan Sudirman ‘lulus cepat’ dari jabatan mereka karena terkena resuffle oleh Kepala Negara. Meski demikian keduanya lantas diusung Partai Gerindra untuk menjadi orang nomor satu dalam pemerintahan daerah....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)