SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wah, Akan Ada Provinsi Baru di Indonesia?

Jumat, 30 Mei 2014 14:04 by syaifan | 11836 hits
Wah, Akan Ada Provinsi Baru di Indonesia?
wisatanews.com

DREAMERSRADIO.COM - Republik Indonesia sejauh ini diketahui memiliki sebanyak 34 provinsi di seluruh daerah mulai dari Aceh hingga Papua. Namun belakangan, tampaknya Indonesia akan segera menambah satu provinsi baru lagi.

Seperti dilaporkan oleh Republika, Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) beberapa waktu lalu meninjau bahwa Indonesia akan memiliki satu provinsi lagi yakni Nias. Kepulauan Nias yang saat ini masih berada di bawah otoritas Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dianggap sudah layak menjadi provinsi sendiri.

Anggota Komite I DPD RI, Muhammad Farouk mengatakan, rencana pemekaran Nias sebagai provinsi tersendiri menjadi bagian dari pembahasan 65 DOB dalam Amanat Presiden (Ampres) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 27 Desember 2013 lalu.

Secara geografis, Nias termasuk pulau terluar di Indonesia yang kurang mendapat perhatian karena jauhnya akses daerah ini dari pemerintah provinsi setempat (Sumatra Utara).

"Nias cenderung terkesan menjadi 'anak tiri' bila dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya di Sumut," ujar Farouk kepada Republika.

Baca juga: Heboh PNS Ciuman Massal, Ini Klarifikasi Humas Pemprov Nias Selatan

Pekan lalu, kata dia, tim dari Komite I DPD RI telah mengunjungi Nias untuk memantau kesiapan pemekaran daerah tersebut. Hasilnya, Nias secara umum telah memenuhi persyaratan pembentukan DOB yang termaktub dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 78/2007 tentang Tata Cara Pembentukan, Penghapusan, Dan Penggabungan Daerah.

"Termasuk kesiapan infrastrukturnya. Gedung-gedung untuk pemerintah provinsinya saat ini tengah dibangun. Kalau tak ada halangan, pada Juli nanti pembahasan DOB Provinsi Nias sudah bisa dibawa ke sidang paripurna DPD," tuturnya.

Dari aspek ekonomi, masyarakat Nias sendiri saat ini masih bergantung pada sumber konvesional seperti perikanan, pertanian, dan perkebunan. Untuk jumlah kependudukannya sendiri, saat ini Nias terhitung memiliki sekitar 700 ribuan penduduk.

Hmm.. apa Nias akan jadi provinsi ke-35 di Indonesia? Kita tunggu saja ya, Dreamers! ^^ (Syf)

Komentar
  • HOT !
    Rabu (16/10) kemarin PT Angkasa Pura II telah menandatangi perjanjian kerja sama dengan PT PLN. Penandatangan ini dilakukan untuk program Kerja Sama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai....
  • HOT !
    Ujaran kebencian bisa muncul dari isu rasis, bahkan di dalam negeri sendiri. Padahal, hasil penelitian terbaru membuktikan jika Indonesia tidak memiliki istilah ‘pribumi’. Keanekaragaman etnis yang ada di Indonesia juga menjadi salah satu buktinya....
  • HOT !
    Penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah dianggap menjadi persoalan serius. Di wilayah Utara Jakarta, air laut telah masuk ke wilayah pemukiman. Bahkan Menteri ESDM Ignasius Jonan mengatakan jika air laut sudah mencapai Monumen Nasional atau Monas, apa artinya?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)