SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Di Rumania Ada Batu Bisa Tumbuh

Kamis, 02 Januari 2014 13:52 by miko | 4306 hits
Wow, Di Rumania Ada Batu Bisa Tumbuh
odditycentral.com

DREAMERSRADIO.COM - Jika sebelumnya batu dikenal sebagai benda mati yang tidak tumbuh. Maka di Rumania, sebuah batu bernama Trovants ditemukan di sebuah desa di Costesti. Batu ini akan tumbuh semakin besar ketika hujan dan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa ada orang yang memindahkannya.

Dilansir dari OddityCentral, batu Trovants tersebut merupakan fenomena geologi yang sangat menakjubkan. Batu-batu unik tersebut tumbuh seakan-akan hidup.

Batu unik ini dihasilkan oleh aktivitas seismik. Trovants tumbuh ketika terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dan akan menjadi besar hingga berukuran enam sampai sepuluh meter.

Baca juga: Sepasang Traveler Asal Indonesia Ini Abadikan Momen dengan Cara Unik!

Sementara itu, Trovants sendiri terdiri dari inti batu dengan kulit luar berupa pasir. Setelah hujan deras, batu-batu kecil tersebut akan berubah bentuk menjadi yang lebih besar. Beberapa ilmuwan pun melakukan penelitian untuk menjelaskan keanehan yang terjadi dengan batu Trovants.

Sedangkan para ilmuwan mempercayai bahwa di bawah bagian batu mengandung unsur mineral yang tinggi. Sehingga ketika permukaan menjadi basah, mineral mulai menyebar dan akan menekan pasir untuk membesar. Hal inilah yang membuat batu-batu itu tumbuh.

Saat ini batu-batu Trovants ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang populer di Rumania. Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO.

Komentar
  • HOT !
    Belum sampai 5 tahun, Gedung DPRD DKI memang sudah mengalami kerusakan beberapa kali. Baru baru ini, gedung senilai 500 miliar ini disebut sebut kembali mengalami kerusakan yang bisa membahayakan para pejalan kaki. Hingga sejak Rabu (13/12), akses pejalan kaki menuju gedung Balai Kota DKI Jakarta melalui DPRD DKI dialihkan....
  • HOT !
    Masyarakat Indonesia seperti punya budaya ‘menonton’ saat terjadi kecelakaan yang tak jarang justru membuat macet lalu lintas ketimbang kecelakaan itu sendiri. Mirisnya, warga tersebut memang menonton atau berhenti sejenak bahkan mengabadikannya dalam foto dan video, bukan menolong korban....
  • HOT !
    Meski praperadilan gugur dan resmi jadi terdakwa, kubu Setya Novanto mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas surat dakwaan yang dibicarakan oleh Jaksa Penuntut Umum KPK. Kuasa Hukum Setnov beralasan ada sejumlah fakta yang tidak dimuat dalam surat dakwaan tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Kristiana
Cast : Park Chanyeol (EXO), Sandara Park (2NE1), Xiumin (EXO), Minzy (2NE1), Sehun (EXO), Lee Hi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)