home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Di Rumania Ada Batu Bisa Tumbuh

Kamis, 02 Januari 2014 13:52 by miko | 4651 hits
Wow, Di Rumania Ada Batu Bisa Tumbuh
odditycentral.com

DREAMERSRADIO.COM - Jika sebelumnya batu dikenal sebagai benda mati yang tidak tumbuh. Maka di Rumania, sebuah batu bernama Trovants ditemukan di sebuah desa di Costesti. Batu ini akan tumbuh semakin besar ketika hujan dan dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain tanpa ada orang yang memindahkannya.

Dilansir dari OddityCentral, batu Trovants tersebut merupakan fenomena geologi yang sangat menakjubkan. Batu-batu unik tersebut tumbuh seakan-akan hidup.

Batu unik ini dihasilkan oleh aktivitas seismik. Trovants tumbuh ketika terkena air, batu kecil berukuran enam sampai delapan millimeter dan akan menjadi besar hingga berukuran enam sampai sepuluh meter.

Baca juga: Kesaksian Petugas Keamanan Soal Pelempar Batu Ke Rumah Menteri Susi di Pangandaran

Sementara itu, Trovants sendiri terdiri dari inti batu dengan kulit luar berupa pasir. Setelah hujan deras, batu-batu kecil tersebut akan berubah bentuk menjadi yang lebih besar. Beberapa ilmuwan pun melakukan penelitian untuk menjelaskan keanehan yang terjadi dengan batu Trovants.

Sedangkan para ilmuwan mempercayai bahwa di bawah bagian batu mengandung unsur mineral yang tinggi. Sehingga ketika permukaan menjadi basah, mineral mulai menyebar dan akan menekan pasir untuk membesar. Hal inilah yang membuat batu-batu itu tumbuh.

Saat ini batu-batu Trovants ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang populer di Rumania. Muzeul Trovantilator adalah sebuah museum untuk melindungi batu unik ini yang telah diresmikan pada 2004 silam. Saat ini Batu Trovants telah dilindungi oleh UNESCO.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)