SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, Taman Nasional Leuser Jadi Tempat Tak Tergantikan di Dunia

Selasa, 19 November 2013 11:40 by miko | 3587 hits
Wow, Taman Nasional Leuser Jadi Tempat Tak Tergantikan di Dunia
indonesiatravelmaps.blogs

DREAMERSRADIO.COM - Indonesia memiliki berbagai kekayaan alam dan pemandangan alam yang unik. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Leuser. Ekosistem yang terbentang dari Aceh hingga Sumatera Utara baru saja masuk daftar Union for Conservation of Nature, sebagai tempat paling tak tergantikan di dunia.

UCN ini sebelumnya melakukan survey pada 173 ribu wilayah yang dilindungi dan 21.500 spesies yang masuk dalam daftar  terancam, kemudian mereka menghitung dan membandingkan kontribusi setiap wilayah yang dilindungi pasa kemampuan bertahan hidup setiap spesies.

Dari sana diperoleh 78 nama situs, meliputi 137 dilindungi di 34 negara, sebagai wilayah yang ‘paling tak tergantikan’ di dunia.  Salah satunya adalah TN Gunung Leuser masuk dalam daftar UCN tersebut. Karena memiliki hutan hujan tropis dengan keragaman paling tinggi di Asia.

Baca juga: Dari Makanan Hingga Taman, Inilah Kreasi Unik Anak-Anak Gunakan Rambutnya

Di kawasan seluas 2,6 juta hektar itu memiliki 105 spesies mamalia, 382 spesies burung, dan mencakup 95 persen spesies reptil. Leuser juga jadi tempat tinggal orangutan harimau sumatera, badak sumatera, gajah sumatera serta pohon keruing yang langka dan dilindungi. Masuknya Leuser dalam daftar menunjukkan pentingnya meningkatkan manajemen lingkungan di wilayah-wilayah yang tak tergantikan tersebut.

“Wilayah yang terlindungi hanya bisa memenuhi peran mereka dalam mencegah berkurangnya keanekaragaman hayati bila dikelola dengan baik. Memberikan dana konservasi terbatas tidak selalu jadi masalah utama, seharusnya pemerintah lebih fokus pada pengelolaan manajemen yang efektif,” ungkap Simon Stuart, pimpinan IUCN Species Survival Comission. "

Komentar
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....
  • HOT !
    Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakilnya, Sandiaga Uno membentuk Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP). Rencananya akan ada 75 orang TGUPP yang akan direkrut....
  • HOT !
    Entah apa yang ada di balik keputusan Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar dari Ibu Kota sebelumnya di Tel Aviv ke kota 3 agama itu. Sejumlah pendapat menilai jika ia tengah melaksanakan janji kampanye, membuat pendukungnya yang pro Israel puas....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : natadecocoo
Cast : Xi Luhan, Yoo Jihye (you), Kim Taehyung, Kim Yura,Hong Jonghyun

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)