home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

KBRI Beijing Pecahkan Rekor Main Angklung Terbanyak

Selasa, 02 Juli 2013 09:00 by miko | 1862 hits
KBRI Beijing Pecahkan Rekor Main Angklung Terbanyak
metrotvnews.com

DREAMERSRADIO.COM - Angklung merupakan alat musik khas Jawa Barat yang telah lama mampu memukau publik internasional dengan keunikannya. Bahkan saat ini Indonesia semakin mengukuhkan angklung dengan memecahkan rekor dunia dengan pemain terbanyak.

Baru-baru ini kedutaan Indonesia di Beijing melakukan sebuah acara memainkan angkung  dengan jumlah peserta terbanyak didunia. Rekor tersebut dipecahkan KBRI Beijing bersama Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Tiongkok.

Sebanyak 5.393 orang memainkan angklung bersamaan di Stadion Buruh Beijing. Pencatatan rekor tersebut dilakukan oleh 12 panitia pengecekan, satu pengecek independen dan satu orang juri dan Guiness Book of Record.

Konser angklung ini dipimpin Daeng Udjo dengan memainkan lagu Manuk Dadali, lagu Mandarin Yueliang Daibiao Wo De Xin dan lagu We Are The World. Para pesertanya sendiri berasal dari para pelajar, wakil beberapa perusahaan China seperti ZTE, pelajar Universitas Pertahanan China dan warga Tionghoa-Indonesia yang menetap di China.

Melalui layar LED yang ada dilokasi konser ditampilkan juga sejarah angklung dengan ucapan  I Love Angklung dalam 10 bahasa berbeda. Selain itu, ditujukan juga angklung digital di restoran Sansico. Sedanhkan acara ini dibuat untuk mempererat hubungan Indonesia-China, sekaligus mempromosikan budaya nasional.

“Kami ingin menunjukkan salah satu kebudayaan tradisional Indonesia, melalui konser angklung ini. Acara ini sekaligus untuk berbagi dan mempererat hubungan masyarakat kedua bangsa, yang merupakan mandat dari Kemitraan Strategis Indonesia-China yang ditandatangani pada 2005,” ucap Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia, Imron Cotan.

Komentar
  • HOT !
    Jumlah orang yang ingin membeli Tesla alias kendaraan listriknya di Amerika Serikat dikabarkan menurun drastic. Usut punya usut, salah satu alasannya adalah karena sosok Elon Musk selaku CEO Perusahaan itu sendiri....
  • HOT !
    Queen of Tears bukan hanya sebuah drama tetapi sebuah cermin yang diangkat ke masyarakat, menyindir sisa sisa budaya patriarki dengan meminta laki laki mengambil peran yang secara tradisional diperuntukkan bagi perempuan di Korea, khususnya selama persiapan jesa atau upacara leluhur....
  • HOT !
    Ramai kabar Jakarta sudah kehilangan status Ibu Kota Indonesia sejak 15 Februari 2024 lalu. Masyarakat dan sosial media ramai membicarakan hal ini. Namun bagaimana sebenarnya fakta yang terjadi?...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)