SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Anak Rimba Pertama yang Lulus UN SMA

Senin, 27 Mei 2013 17:30 by miko | 2921 hits
Inilah Anak Rimba Pertama yang Lulus UN SMA
tribunnews.com

DREAMERSRADIO.COM - Anak Rimba merupakan sebutan bagi suku yang mendiami hutan di daerah Jambi. Meski demikian, kini pendidikan mulai menyerap masuk ke kehidupan mereka. Bahkan Besudut, merupakan anak pertama dan satu-satunya siswa asal Orang Rimba Jambi yang lulus Ujian Nasional tingkat SMA.

Kepala Sekolah SMAN 14 Tebo, Suparjo mengatakan, Besudut mendapatkan nilai UN 32,2 dengan nilai tertinggi mata pelajaran Matematika 6,25. Keberhasilannya lulus UN tentunya menjadi prestasi baginya dan merupakan satu-satunya yang berhasil menamatkan pendidikan formal hingga tingkat SMA.

“Alhamdulilah seluruh siswa di sekolah kami dinyatakan lulus 100 persen, termasuk Besudut dengan memperoleh hasil yang cukup baik,” ungkap Suparjo di Jambi.

Menurutnya, Besudut dikenal dengan nama Irman Jalil termasuk siswa yang tekun dan rajin dalam belajar dengan segala keterbatasannya. Besudut biasanya datang ke sekolah lebih pagi dibandingkan teman-teman lainnya.

Walau menjadi Orang Rimba Jambi pertama yang lulus UN SMA, Besudut tak berpuas diri. Mimpinya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang tinggi akan terus ia perjuangkan hingga mencapai perguruan tinggi.

“Saya akan terus berusaha untuk belajar agar bisa melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. Saya ingin membuktikan mampu untuk sekolah tinggi sama dengan kelompok masyarakat lainnya,” tutur Besudut.

Agar cita cita Besudut untuk sekolah lebih tinggi lagi bisa tercapai, perlu dukungan berbagai pihak untuk membantu pembiayaannya. Masalah ekonomi bagi siswa Orang Rimba menjadi salah satu kendala, akibat kemarjinalan dan kondisi finansial yang tidak memungkinkan.

Keberhasilan Besudut ini juga diharapkan dapat memacu semangat generasi Orang Rimba Jambi yang saat ini telah 12 orang mengecap pendidikan di SMP dan 53 orang lainnya di sekolah dasar (SD).

  • HOT !
    Remaja pelaku video yang mengancam akan menembak Presiden Jokowi yang berinisial RJT alias S (16) bersama ayahnya telah membuat video permintaan maaf. Namun kabar terakhir mengatakan ia tetap diproses hukum sesuai peraturan yang berlaku....
  • HOT !
    Hubungan cinta terlarang dan kelewat batas tercermin dari kasus kehamilan siswi SMP di Tulungagung, Jawa Timur oleh seorang siswa SD. Mengejar legalitas untuk menikah, Kantor Urusan Agama (KUA) sempat menolak pernikahan keduanya karena belum cukup umur....
  • HOT !
    Penyebaran konten digital kini harus lebih diperhatikan, karena jika terlalu sensitif bisa berakibat protes keras dari publik. Seperti yang dialami oleh seorang anggota DPRD Karawang bernama Hitler Nababan pada Selasa (22/5) ini....
Airy Rooms

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho – Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)