SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Manusia Purba

Minggu, 21 April 2013 01:00 by miko | 5480 hits
Bocah 9 Tahun Temukan Fosil Manusia Purba
blog.essayweb.net

Jika biasanya fosil purba ditemukan oleh seorang peneliti. Namun Matthew Berger merupakan bocah 9 tahun yang menemukan tulang fosil manusia purba, Australopithecus sediba. Sedangkan ayahnya Lee Berger merupakan paleontolog membenarkan anaknya menemukan fosil yang hidup 2 juta tahun lalu.

Dilansir dari Newscientist, pada 2008 silam, Matthew yang berusia 9 tahun menemukan tulang bahu dan rahang yang tertanam dalam sebuah batu Australopithecus sediba diyakini merupakan nenek moyang paling awal manusia.

Kabarnya, arkeolog telah menemukan lebih banyak fosil manusia purba dalam beberapa tahun terakhir. Australopithecus sediba ditemukan di gua Malapa, sebelah barat laut Johannesburg, Afrika Selatan.

Baca juga: 1.500 Fosil Spesies Baru Di Garis Keturunan Manusia Ditemukan!

Sementara itu, Wikipedia menerangkan, Australopithecus sediba diketahui setidaknya dari empat kerangka tak lengkap yang ditemukan di Situs Fosil Malapa, Afrika Selatan. Fosil-fosil itu antara lain satu manusia purba berjenis pria (MH1, holotipe), satu wanita dewasa (MH2), serta sedikitnya satu orang dewasa lainnya dan bayi diduga berusia 18 bulan.

Australopithecus sediba dipercaya hidup di padang rumput, manusia purba ini pemakan buah dan makanan lain dari hutan. Untuk perilaku manusia purba ini mirip dengan simpanse sabana. Lebih dari 220 fragmen fosil manusia purba telah ditemukan oleh arkeolog. Penamaan sediba berarti 'mata air alami' atau 'sumur', yang diambil dari bahasa Sotho, Afrika Selatan.

Komentar
  • HOT !
    Penundaan pertemuan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebabkan sejumlah perwakilan organisasi masyarakat (ormas) dan kelembagaan masyarakat merasa kecewa. Mereka pun meluapkan emosinya di Balai Kota, sekitar pukul 11.00 WIB, Selasa (12/12)....
  • HOT !
    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bidang Koordinator Politik dan Keamanan (Korpolkam) Fadli Zon ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR setelah Setya Novanto resmi mundur dari jabatan tersebut....
  • HOT !
    Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto turut mengecam pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkait perkataannya mengenai pemindahan Ibu Kota Israel ke Yerusalem....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Hanzelnut
Cast : Luhan, Kris, Kai and Sehun of EXO | Hoya of Infinite | Kim Hana, Kang Soyul (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)